Tips Mudah Belajar Mengendarai Sepeda Motor Agar Cepat Mahir

Senin, 04 Oktober 2021 - 16:23 WIB
loading...
Tips Mudah Belajar Mengendarai Sepeda Motor Agar Cepat Mahir
Untuk belajar mengendarai sepeda motor tidak terlalu sulit jika Anda sudah bisa naik sepeda. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Untuk belajar mengendarai sepeda motor tidak terlalu sulit jika Anda sudah bisa naik sepeda. Karena Anda sudah bisa menyeimbangkan kendaraan sehingga tinggal menguasai kapan harus menarik gas atau menekan tuas rem.

Sekarang ini sepeda motor seperti menjadi kendaraan wajib yang dimiliki keluarga untuk membantu mobilitasnya. Tak hanya untuk ke kantor, sepeda motor juga banyak membantu untuk mengantar anak sekolah hingga ke pasar.

Namun bagi Anda yang belum mahir naik sepeda motor, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar cepat mahir mengemudikan kendaraan roda dua ini. Berikut cara belajar mengendarai sepeda motor agar cepat bisa yang dikutip dari laman resmi Wahana Honda:



1. Bawa partner yang berpengalaman

Ini merupakan cara paling aman dan mendasar sebelum memulai belajar motor. Pastikan cari orang yang benar-benar kompeten dan mahir serta paham untuk selalu mendampingi Anda dalam belajar mengemudikan sepeda motor.

Hal ini bertujuan untuk selalu sigap dan bisa diandalkan untuk mengambil tindakan cepat bila terjadi hal yang tidak di inginkan.

Mesipun belajar sambil membonceng partner menyulitkan namun itu merupakan hal positif karena dapat memacu Anda untuk langsung belajar di medan dan kondisi yang sulit.

Jika Anda dapat melewati medan sulit pastinya akan sangat mudah untuk masuk pada tahapan berikutnya yang lebih ringan.

2. Pelajari teknik mekanisme dasar motor

Cara kedua yang dapat Anda lakukan selanjutnya yakni dengan memahami dasar, fungsi, jenis dan karakteristik motor terlebih dahulu sebelum memulai.

Perlu diketahui bahwa terdapat 3 jenis motor umum yang tersebar dijalanan yakni motor matik, motor bebek dan motor kopling. Kuasai teori dan teknik dasar dari ketiga jenis motor tersebut.

Selanjutnya barulah Anda belajar mengenai teknik mekanismenya Seperti teknik & cara memutar gas, teknik & cara pengereman.



Jika dipastikan sudah memahami teknik dan mekanisme dasarnya, kemudian Anda perlu mempelajari tentang peraturan, rambu-rambu lalu lintas dan garis marka jalan.

3. Lakukan saat jalan sepi

Jika Anda sudah memahami teori dan pemahaman tentang mekanisme, teknik dasar, peraturan lalu lintas. Barulah selanjutnya Anda lakukan praktik dengan mengendari langsung unit sepeda motor.

Pastikan sebelum memulai carilah tempat aman yang baik untuk memulai latihan, seperti halnya lapangan, tanah kosong dll.

Jika sudah mahir bermanuver dijalanan sepi dan kosong, barulah mulai dengan di jalan yang sedikit agak ramai. Hal itu berguna untuk melatih mental dan menyesuaikan diri dengan kondisi jalan sekitar.

4. Pastikan sudah cukup umur

Ketika sudah lancar dan mantap mental untuk mengendari motor. Langkah selanjutnya yang tak kalah penting yaitu memperkirakan umur dan pastikan umur Anda mencukupi dalam mengendarai sepeda motor pada jalan raya besar dan ramai.



Jika sudah mahir, buatlah surat izin mengemudi sebelum mulai keluar jalan raya mengendarai sepeda motor. Hal tersebut wajib diperlukan karena dalam mengendarai sepeda motor perlu kedewasaan mental dan emosi yang terkontrol di jalan raya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2934 seconds (0.1#10.140)