Toyota Yaris Berubah Jadi Mazda2 di Pasar Eropa, Ini Penyebabnya

Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:00 WIB
loading...
Toyota Yaris Berubah Jadi Mazda2 di Pasar Eropa, Ini Penyebabnya
Mazda2 menggunakan mobil Toyota Yaris Hybrid untuk memenuhi ketentuan emisi di Eropa. Foto/Motor1
A A A
JAKARTA - Jangan kaget jika Anda kebetulan ada di Eropa dan melihat mobil Mazda2 yang tidak sama dengan mobil Mazda2 yang dijual di negara-negara lain termasuk di Indonesia. Pasalnya mobil Mazda2 yang ada di Eropa justru seakan sama dengan mobil merek berbeda yakni Toyota Yaris.

Dilaporkan Paultan, Mazda memang melakukan rebadge Toyota Yaris jadi Mazda2 untuk pasar Eropa. Hal itu dilakukan untuk memenuhi standar emisi yang ditetapkan di kawasantersebut. Untuk itu Mazda kemudian melakukan kerja sama dengan Toyota agar tetap bisa menjual Mazda2 di kawasan Benua Biru.



Toyota Yaris Berubah Jadi Mazda2 di Pasar Eropa, Ini Penyebabnya


Caranya adalah melakukan rebadge antara Mazda2 dan Toyota Yaris Hybrid . Jadi Mazda tinggal mencopot logo Toyota Yaris dan menggantinya dengan logo Mazda.

Dari segi spesikasi teknis, Toyota Yaris Hybrid yang berganti logo jadi Mazda2 itu memang memenuhi standar emisi yang ditetapkan Eropa. Emisi yang dihasilkan adalah 3,8 liter per 100 kilometer sesuai dengan standar WLTP.




Ini bukan pertama kalinya Mazda dan Toyota berbagi model, karena Toyota Yaris Hatchback 2020 yang sebelumnya dijual di Amerika Serikat menggunakan Mazda2. Contoh lain dari rebadge yang sama dan terjadi di Eropa adalah kerja sama Suzuki dan Toyota. Kala itu Suzuki Across yang dijual di Eropa merupakan rebadge mobil Toyota RAV4. Alasannya sama dengan Mazda dan Toyota yakni menyesuaikan dengan ketentuan emisi yang ada.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)