Nissan Kicks e-Power, Solusi Sensasi Mobil Listrik di Bawah Rp600 Juta

Kamis, 07 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
Nissan Kicks e-Power, Solusi Sensasi Mobil Listrik di Bawah Rp600 Juta
PT NMDI akan berupaya menghadirkan mobil Nissan lainnya yang juga menggunakan teknologi e-Power seperti Nissan Kicks e-Power. Foto/Nissan.
A A A
JAKARTA - PT Nissan Motor Distribusi Indonesia (NMDI) meyakini Nissan Kicks e-Power adalah salah satu solusi bagi masyarakat untuk merasakan sensasi mobil listrik di bawah Rp600 juta. Memang tidak bisa dipungkiri harga mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) saat ini memang masih cukup mahal.

Bahkan salah satu BEV andalan Nissan yakni Nissan Leaf dijual di Indonesia di harga Rp649 untuk versi one tone dan Rp651 juta untuk versi two tone. Begitu juga mobil listrik lain seperti buatan Hyundai dan Lexus yang juga sudah dipasarkan di Tanah Air. Rentang harganya mulai dari Rp600 juta hingga Rp1 juta.

Meski masih terbilang mahal, masih banyak masyarakat yang berharap adanya mobil listrik dengan harga terjangkau. PT NMDI sendiri meyakini keinginan itu bisa dijawab oleh Nissan Kicks e-Power.



Bagus Susanto, Nissan Representative Director PT NMDI tidak memungkiri Nissan Kicks e-Power masuk dalam kategori mobil hybrid berdasarkan status Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dikeluarkan pemerintah. Namun dia menjelaskan teknologi e-Power yang ada di Nissan Kicks melebihi dari teknologi hibrid.

Nissan Kicks e-Power, Solusi Sensasi Mobil Listrik di Bawah Rp600 Juta


Teknologi e-Power dikembangkan berdasarkan dari teknologi full Battery Electric Vehicle (BEV). Tim enginering Nissan menurutnya berupaya mengembangkan teknologi e-Power di Nissan Kicks berdasarkan arsitektur mobil listrik.

"Jadi Nissan Kicks e-Power sepenuhnya digerakkan motor listrik, atau 100 persen motor listrik," kata Bagus Susanto.

Lebih lanjut, Bagus menjelaskan, mesin bensin bertugas untuk mencukupi kebutuhan ekstra charging. Jadi fungsinya hanya untuk charging baterai. Hal ini tidak mengurangi performa dari kendaraan.

Perbedaannya dibandingkan mesin hibrid adalah teknologi hibrida mengadopsi mobil konvensional bermesin bensin. Kemudian sebuah motor listrik dimasukkan, sehingga bisa menggerakkan kendaraan dalam kurun waktu tertentu. Bergantian bekerja antara tenaga baterai dan mesin. "Ini jelas ada perbedaan dari sisi arsitektur teknologinya," ungkap Bagus.



Nissan Kicks e-Power, Solusi Sensasi Mobil Listrik di Bawah Rp600 Juta


Kelebihan lain dari Nissan Kicks e-Power adalah harganya. Dengan sensasi mobil listrik Nissan Kicks e-Power justru memiliki harga yang lebih kompetitif dibanding harga mobil listrik murni yang ada saat ini yakni Rp471 juta.

Sementara Presiden Direktur PTNMDI Evensius Go, mengatakan dengan kondisi Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau, paling besar tantangannya untuk menuju era elektrifikasi ialah charging Station.

"Untuk kota-kota besar, misalnya di Jakarta dan Surabaya, kendaraan listrik bisa langsung masuk. Tetapi pasti banyak yang bertanya misalnya yang tinggal di daerah Gresik, Jawa Timur, ketika pakai Nissan Leaf chargingnya akan bagaimana, sedangkan stasiun pengisian masih belum banyak dan kebanyakan di kota. Pertanyaan ini muncul banyak sekali, itu yang membuat kita bawa teknologi e-Power," tutur Evensius Go.

Dia memprediksi dengan semakin banyaknya mobil listrik yang diproduksi oleh produsen di dunia biaya dari baterai ini akan turun dan pada saat menurun harga mobil listrik akan sangat menarik. "Doakan ada produk mobil listrik yang di segmen itu, yang bisa kami bawa ke Indonesia. Yang utama bagi kami adalah mendukung program pemerintah," pungkasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)