Mimpi Buruk Pemburu Liar, Cake Kalk Rancang Motor Senyap Ranger Afrika

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 20:02 WIB
loading...
Mimpi Buruk Pemburu...
Sepeda motor listrik ini bisa melaju dalam senyap untuk mencegah perburuan liar di Afrika. Foto/dok
A A A
CAPE TOWN - Produsen sepeda motor listrik asal Swedia, mengembangkan sepeda motor listrik khusus ranger di Afrika Selatan. Sepeda motor listrik ini bisa melaju dalam senyap dan menyergap para pemburu liar dengan cepat.

Dilansir Visor Down, Jumat (15/10/2021), sepeda motor listrik yang baru dikirim ini merupakan pesanan khusus Southern Afrika Wildlife College (SAWC) untuk mengantisipasi maraknya perburuan liar. Selama ini ranger masih menggunakan sepeda motor berbahan bakar fosil yang bersuara berisik.

Berdasarkan platform Cake Kalk asli, Kalk AP (untuk Anti-Perburuan) ditenagai oleh motor listrik dengan keluaran daya 10kW (13,5 bhp), dengan jangkauan sekitar 50 mil.



Dimodifikasi untuk digunakan oleh para ranger, semua bagian plastik pada Electric Bush Bike diubah menjadi biokomposit Trifilon.

Perangkat lunak drivetrain juga dimodifikasi untuk mendapatkan torsi ekstrem saat kecepatan tertinggi atau sedang.

Suspensi juga telah diubah agar perawatan lebih minimal dengan menggunakan shock belakang progresif dan garpu depan dengan pegas tanpa udara.

Untuk sistem pengisian daya, Kalk AP menggunakan teknologi dari Goal Zero, perusahaan tenaga surya terkemuka. Perusahaan ini menyediakan kit pengisian ulang tenaga surya bertenaga tinggi yang kecil dan ringan.

“Sepeda bensin yang kami gunakan sebelumnya semuanya keras, berat, dan mahal untuk terus berjalan di area ini. Sepeda CAKE tidak berisik, yang memudahkan kami mendekati pemburu tanpa terdeteksi," kata Mfana Xaba, ketua tim Anti-perburuan.



Xaba berharap kolaborasi ini akan menghasilkan anti-perburuan liar yang lebih efektif di wilayah Afrika. "Kami sangat bersemangat untuk mulai menggunakan sepeda motor ini di alam liar,” ujarnya.

Cake Kalk kabarnya memproduksi hanya 50 unit sepeda motor Kal AP ini di seluruh dunia denga harga 25.000 Euro atau sekitar Rp407,4 juta. Cake mnegaku dari setiap satu unit Kalk AP yang terjual perusahaan akan menyumbang satu unit untuk mencegah perburuan liar di Afrika.

Cake juga akan menyediakan pembangkit listrik tenaga surya dan panel surya dari Goal Zero sebagai bagian dari donasi sehingga ranger dapat mengisi ulang energi melalui plug and out di alam liar. Cake dan Goal Zero juga akan menyumbangkan keuntungan mereka ke SAWC.
(ysw)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)