Royal Enfield Himalayan Siap Taklukkan Kutub Selatan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:29 WIB
loading...
Royal Enfield Himalayan Siap Taklukkan Kutub Selatan
Royal Enfield Himalayan dimodifikasi khusus agar sanggup melewati tantangan di Kutub Selatan. Foto/Royal Enfield.
A A A
JAKARTA - Dua pengendara Royal Enfield akan melakukan perjalanan 39 hari melintasi Antartika dalam perjalanan sejauh 770 km dari Ross Ice Shelf melintasi Gletser Leverett, hingga mencapai stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott. Ekspedisi bertajuk 90° South itu akan dimulai pada 26 November 2021 nanti.

Petualangan itu akan dijalani dua pengendara Royal Enfield yakni nthosh Vijay Kumar, Lead-Rides & Community Royal Enfield dan Dean Coxson, Senior Engineer-Product Development Royal Enfield. Nantinya mereka akan mengendarai Royal Enfield Himalayan yang telah dimodifikasi khusus untuk dapat menavigasi salju dan es agar berfungsi dengan baik di bawah kondisi ekstrem di Antartika.

Durabilitas kedua motor itu bahkan sudah diuji terlebih dulu di alam yang mirip dengan Kutub Selatan yakni gletser Langjokull di Islandia. Pengujian fase 1 diadakan pada September 2020 sementara pengujian fase 2 berakhir pada Juli 2021.



Royal Enfield Himalayan Siap Taklukkan Kutub Selatan


Modifikasi yang dilakukan di antaranya mengubah sproket penggerak utama dari unit 15-gigi, menjadi unit 13-gigi. Tujuannya agar torsi yang dihasilkan mesin jadi lebih besar di roda belakang. Kedua roda juga dimodifikasi dengan menggunakan ban berpaku agar bisa berjalan pada tekanan yang sangat rendah, dan untuk meningkatkan daya apung di salju yang lembut. Selain itu ban juga akan mendapatkan traksi yang memadai di atas es yang keras.

Tim Royal Enfield juga menggunakan alternator yang lebih kuat. Penggunaannya bisa memudahkan sepeda motor untuk menghasilkan lebih banyak arus dan memungkinkan tim untuk mengaktifikan gigi panas dari baterai.



Royal Enfield Himalayan Siap Taklukkan Kutub Selatan


Bagi Royal Enfield petualangan ke Kutub Selatan itu merupakan salah satu cara mereka untuk memperingati 120 tahun kiprah Royal Enfield di dunia roda dua. Siddhartha Lal, Managing Director Eicher Motors Ltd, mengatakan sejak berdiri Royal Enfield telah melakukan banyak perjalanan monumental.

Mulai dari berkendara di jalanan tertinggi di dunia, hingga mencapai Base Camp Gunung Everest di Tibet. Motor-motor Royal Enfield juga pernah melewati lembah tersulit di Daulat Beg Oldi, Karakoram, hingga berkendara melintasi gurun di Kutch di bawah langit malam yang indah.

“Eksplorasi ini telah menjadi bagian penting dari DNA kami, dan 90° South adalah babak baru dalam rangkaian perjalanan sepeda motor kami yang menakjubkan. Ekspedisi epik ke Kutub Selatan ini akan semakin menginspirasi orang untuk kembali menjadi petualang," ujar Siddharta Lal.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2334 seconds (0.1#10.140)