Cara Mengatasi Motor Ngebul tanpa Bongkar Mesin

Senin, 01 November 2021 - 00:01 WIB
loading...
Cara Mengatasi Motor Ngebul tanpa Bongkar Mesin
Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin dengan melakukan tiga langkah ini. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin cukup beragam dan bisa berkaitan dengan berbagai faktor. Kepulan asap motor seringkali membuat tidak nyaman, baik bagi diri sendiri maupun untuk pengendara lain.

Motor yang ngebul tersebut bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam komponen mesin.


Berikut ini cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang perlu dipahami oleh bikers.

1. Ruang Pembakaran Bermasalah

Penyebab motor ngebul sering terjadi di motor sudah berusia tua, sehingga ruang pembakarannya menjadi lapuk. Motor ngebul akan bertambah parah apabila kendaraan jarang mendapatkan perawatan dan tidak menggunakan jenis bahan bakar yang tepat.

Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan ruang pembakaran yang sudah lapuk tersebut adalah dengan membersihkan keraknya.

Di samping itu, bahan bakar yang diisikan juga harus disesuaikan dengan karakteristik mesin supaya kinerjanya bisa lebih halus dan tidak mengeluarkan asap.

2. Kondisi Oli Mesin Encer

Tingkat keenceran oli motor yang digunakan juga akan mempengaruhi kinerja mesin. Oli motor yang terlalu encer akan lebih mudah masuk ke ruang pembakaran. Hal tersebut tentu saja akan membuat cairan pelumas tersebut menyatu dengan bensin pada saat proses pembakaran.

Kondisi oli motor yang sudah encer tersebut juga bisa disebabkan karena tidak pernah dilakukan penggantian. Hal tersebut akan membuat oli mesin menjadi kotor bahkan habis, sehingga tidak bisa melumasi mesin pada saat proses pembakaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)