Yamaha Sulap Tricity Jadi Skuter Off-Road, Siap Dikirim ke Area Bencana

Rabu, 03 November 2021 - 09:25 WIB
loading...
Yamaha Sulap Tricity Jadi Skuter Off-Road, Siap Dikirim ke Area Bencana
Desain Yamaha ini dibuat untuk petugas tanggap bencana yang ditugaskan untuk memantau dan merespons bencana alam. Foto/dok
A A A
TOKYO - Yamaha meluncurkan konsep sepeda motor roda tiga yang disebut Tricity Rough Road menjadi skuter off-road. Desain ini dibuat untuk personel tanggap bencana yang ditugaskan untuk memantau dan merespons bencana alam.

Rough Road tidak sepenuhnya baru, ini adalah evolusi dari Tricity, skuter roda tiga yang umum ditemui sejumlah di kota-kota besar Eropa. Skuter ini akan menggunakan ban off-road, lampu tambahan, rangka besi yang melindungi panel bodi, dan rak yang dirancang untuk menampung barang bawaan.

Yamaha membayangkan bahwa pengendara akan membawa kotak P3K dan persediaan medis, dan situs web antusias Visor Down melaporkan bahwa ada drone yang disimpan di kasing atas. Ini memungkinkan petugas penyelamat menemukan orang yang membutuhkan atau mensurvei area yang terkena bencana.

BACA: Yamaha NMax Akan Dapat Fitur Baru di 2022, Yuk Intip Apa Saja!

Mengintegrasikan kendaraan roda dua ke dalam misi bantuan bencana masuk akal mengingat bentuknya yang kecil dan gesit sehingga dapat menjangkau area yang tidak bisa dilalui truk dan SUV.

Lalu apa yang bisa dilakukan Rough Road yang tidak bisa dilakukan oleh sepeda motor trail? Menurut Yamaha , Tricity lebih mudah dioperasikan daripada sepeda motor karena modelnya twist-and-go dengan transmisi otomatis sehingga tidak ada perpindahan gigi.

Desain roda tiga yang tidak biasa membuat ujung depan lebih stabil daripada sepeda motor trail yang sebanding (atau skuter dengan dua roda). Kesederhanaan adalah keunggulan utama yang ditawarkannya.

Yamaha belum merilis spesifikasi teknis, tetapi mencatat bahwa perawatan Rough Road dapat diterapkan pada Tricity versi 125 yang menghasilkan 12 tenaga kuda dan 155 yang menghasilkan hampir 15 tenaga kuda. Keduanya memiliki berat masing-masing sekitar 363 pon.

BACA JUGA: Banyak Dijarah, Arkeolog Asing Soroti Pulau Emas Peninggalan Sriwijaya

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Tricity Rough Road akan membuat lompatan dari sebuah konsep ke model produksi. Ini didasarkan pada skuter yang ada, dan Jepang menanggapi bencana dengan sangat serius mngingat wilayah mereka rawan bencana.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1753 seconds (10.177#12.26)