Terungkap, Menteri Malaysia Gunakan Mobil Dinas Toyota Vellfire

Kamis, 04 November 2021 - 05:25 WIB
loading...
Terungkap, Menteri Malaysia Gunakan Mobil Dinas Toyota Vellfire
Toyota Vellfire telah resmi menjadi mobil dinas Menteri-menteri Malaysia tahun ini. Foto/IST
A A A
MALAYSIA - Setelah lama jadi isu hangat, akhirnya Menteri-menteri di Malaysia ketahuan sudah menggunakan Toyota Vellfire sebagai mobil dinas . Keberadaan mobil MPV premium itu menggantikan mobil lokal buatan Malaysia, Proton Perdana, yang telah lama jadi mobil dinas para menteri di negeri jiran itu.

Dilaporkan oleh Paultan, penggunaan mobil dinas baru itu terungkap saat rapat dengar pendapat antara Dewan Rakyat Malaysia dengan Menteri Keuangan Malaysia Tengku Zafrul Aziz. Saat itu salah satu perwakilan dari Bayan Baru, Sim Tze Tzin menanyakan mengenai pembiayaan mobil dinas para Menteri.



Terungkap, Menteri Malaysia Gunakan Mobil Dinas Toyota Vellfire


Dia menanyakan kepada Tengku Zafrul Aziz biaya yang akan dihabiskan oleh negara untuk menyewa mobil dinas baru para menteri. Saat itu Tengku Zafrul Aziz mengatakan setiap bulannya uang sewa mobil dinas itu mencapai 5.759 Ringgit atau mencapai Rp19,7 juta. Biaya itu sudah termasuk biaya perawatan sebesar 908 Ringgit atau setara Rp3,1 juta.

Seluruh mobil dinas para menteri itu disiapkan oleh perusahaan penyewaan mobil di Malaysia, Spanco. Kerja sama Spanco dengan kementerian di Malaysia telah berlangsung cukup lama yakni sejak 1994. Mobil dinas sebelumnya, Proton Perdana , juga disewa dari Spanco.



Sebelumnya isu penggantian mobil dinas para menteri Malaysia dari Proton Perdana ke Toyota Vellfire sempat jadi kontroversi pada 2020. Saat itu penggantian dilakukan karena stok Proton Perdana tidak mencukupi kebutuhan berbagai kementerian di Malaysia. Alhasil mereka mencari mobil yang sudah siap digunakan, Toyota Vellfire.

Hanya saja kontroversi yang mengemuka membuat rencana itu tidak dilakukan. Saat itu alasan yang diberikan masalah produksi Proton Perdana telah teratasi. Hanya saja tiba-tiba saja penggunaan Toyota Vellfire justru sudah dilakukan. Paultan mengatakan penggunaan MPV premium dari Toyota itu sudah berlaku sejak April lalu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)