Begini Cara Kerja Turbocharger yang Bisa Membuat Performa Mobil Makin Joss

Minggu, 07 November 2021 - 14:01 WIB
loading...
Begini Cara Kerja Turbocharger yang Bisa Membuat Performa Mobil Makin Joss
Mekanisme cara kerja turbocharger pada mobil, yaitu dengan memanfaatkan energi yang tersimpan pada gas buang hasil pembakaran. Foto: dok/Wuling
A A A
JAKARTA - Mekanisme cara kerja turbocharger pada mobil, yaitu dengan memanfaatkan energi yang tersimpan pada gas buang hasil pembakaran untuk memutar turbin. Dengan turbocharger ini, tenaga yang dihasilkan mesin mobil bisa meningkat 30 hingga 50 persen.

Dikutip dari Turbodinamic, saat ini turbocharger banyak digunakan terutama pada mesin mobil dengan bahan bakar diesel. Tetapi sekarang teknologiini juga digunakan untuk mesin bensin.

Seperti diketahui, mesin bergantung pada udara dan bahan bakar yang dikompresi sehingga menghasilkan pembakaran. Namun mesin konvensional diketahui lebih banyak menghasilkan gas buang yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan.



Nah dengan turbocharger ini, udara yang bercampur dengan bahan bakar kembali disuntikkan sehingga bahan bakar dapat terbakar lebih efisien dan meningkatkan output daya mesin.

Lalu bagaimana cara turbocharger bekerja? Pertama, gas buang dari mesin digunakan untuk menggerakkan roda turbin yang dihubungkan ke roda kompresor dengan poros. Kompresor atau roda udara menyedot udara melalui filter udara dan mengalirkannya kembali ke mesin.

Saat gas buang dikeluarkan dari mesin, mereka diarahkan ke turbin, bukan ke pipa knalpot. Selanjutnya udara tersebut memutar turbin hingga kecepatan 150.000 RPM.

Udara yang berasal dari turbin kemudian dialirkan ke catalytic converter untuk dibersihkan dari karbon monoksida, dinitrogen oksida, dan polutan. Sisa dari pembakaran lainnya dibuang melalui knalpot.

Sedangkan udara bersih yang disuling dari knalpot dan terkumpul di turbin dimampatkan hingga 30 hingga 50 persen atmospheric pressure dan dialirkan kembali ke ruang bakar.



Oksigen tambahan tersebut memungkinkan mesin untuk membakar bensin lebih sempurna, menghasilkan lebih banyak tenaga dari mesin yang lebih kecil. Hasilnya, mesin dengan turbocharger ini akan menghasilkan tenaga 30 persen lebih banyak daripada mesin non- turbocharger .

Sebagai perbandingan, mesin mobil dengan kapasitas 1.497 cc dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 HP dan torsi 145 Nm. Jika menggunakan turbocharger, dengan kapasitas mesin 1.497 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 HP dan Torsi 240 Nm.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3504 seconds (0.1#10.140)