Ini Manfaat Quickshifter Agar Gaya Mengemudi Motor Anda Secepat Pembalap MotoGP

Selasa, 30 November 2021 - 15:00 WIB
loading...
Ini Manfaat Quickshifter Agar Gaya Mengemudi Motor Anda Secepat Pembalap MotoGP
Quickshifter merupakan teknologi yang dikembangkan dari balapan MotoGP. Teknologi itu memudahkan pengendara sepeda motor berpindah transmisi tanpa repot menekan kopling. Foto/IST
JAKARTA - Quickshifter saat ini merupakan fitur yang sangat sering ditemukan di berbagai motor sport yang dijual di Indonesia. Sebut saja Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R15, Yamaha YZF-R25, hingga Kawasaki Ninja 250.

Tidak hanya di motor sport berukuran kecil. Motor sport dengan silinder 500 cc ke atas dan motor-motor gede lainnya juga sudah dilengkapi dengan quickshifter. Lalu apa sebenarnya quickshifter itu?

Sejatinya quickshifter adalah perangkat elektronik yang memudahkan pengendara motor memindah-mindahkan transmisi dengan cepat. Piranti itu dihadirkan karena banyak orang melihat memindahkan transmisi untuk motor-motor dengan kopling cukup melelahkan. Apalagi jika yang dibutuhkan adalah berkendara lebih cepat tanpa ada energi yang terbuang.

Ya, seperti halnya di balapan MotoGP. Pada dasarnya pengembangan quickshifter memang dimulai dari dunia balapan motor kasta tinggi, MotoGP. Saat itu beberapa tim balap berlomba-lomba mengembangkan fitur yang memudahkan pembalap mereka tidak kerepotan saat pindah-pindah transmisi.



Baca juga : XM Concept, Jawaban BMW M Untuk SUV Lamborghini dan Bentley

Ini Manfaat Quickshifter Agar Gaya Mengemudi Motor Anda Secepat Pembalap MotoGP


Dari situlah mereka mengembangkan teknologi yang dinamakan Seamless Shift Gearbox. Terbukti teknologi itu mampu membuat semua pembalap MotoGP jauh lebih kencang dari sebelumnya. Manfaat itulah yang kemudian ingin coba diterapkan ke motor-motor yang dijual bebas di masyarakat. Terutama motor sport dan motor gede.

Masalahnya adalah teknologi Seamless Shift Gearbox yang ada di MotoGP terlalu mahal jika dipasang ke motor-motor umum. Untuk mensiasati hal itu maka dikembangkanlah teknologi Quickshiter yang sekarang bisa ditemukan di banyak motor sport, motor gede dan motor-motor berkopling lainnya. Tujuannya sama yakni memudahkan pengendara sepeda motor agar tidak repot menekan kopling saat ingin berpindah-pindah transmisi.

Beda merek beda cara kerjanya. Hal itu terjadi pada quickshifter yang diadopsi oleh berbagai merek sepeda motor di Indonesia. Ambil contoh quickshifter yang ada di Honda CBR250RR baru. Motor sport buatan PT Astra Honda Motor itu ternyata memiliki 4 mode quickshifter.
halaman ke-1
Berita Terkait
Generasi Terbaru Motorsport Yamaha All New R15 Adopsi DNA Motor Balap
Bak Motor Balap, Mobil Listrik Hummer EV Bisa Lakukan Wheelie
Hormati Hari Lahir Zugomi, Kawasaki Z Series Diguyur Warna Fireball
Cari Presiden yang Sah, Munaslub MBC Indonesia Digelar 12 Februari 2022
Kejutan, Dua Pabrikan Motor China Ramaikan Balapan Motor Dunia
Simpan Kejutan Lain, Harley-Davidson Tahun Model 2022 Resmi Diluncurkan
Kawasaki Luncurkan Drone K-Racer X1 Bermesin Ninja H2R
Komentar Anda