4 Tips Aman Membeli Mobil Secara Kredit

Jum'at, 03 Desember 2021 - 18:05 WIB
loading...
4 Tips Aman Membeli Mobil Secara Kredit
Metode nyicil banyak dipilih karena dianggap dapat membantu mengatur keuangan dengan baik. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Memiliki kendaraan dengan cara kredit masih di favoritkan oleh sebagian besar konsumen Indonesia. Metode ini banyak dipilih karena dapat membantu mengatur keuangan dengan baik, mengingat terdapat kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Kabin All New BR-V Lebih Kedap dan Minim Getaran

Tapi, sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil, ada tahapan dan persyaratan yang wajib dijalani. Berikut ini tips aman membeli mobil secara kredit, dikutip dari Auto2000, Jumat (3/12).

1. Pastikan Lolos BI Check
Sebagai pengawas transaksi keuangan nasional, Bank Indonesia (BI) memiliki sistem pendataan otomatis ketika seseorang menggunakan fasilitas kredit bank atau leasing. Anda harus memastikan bahwa tidak ada cicilan kredit personal bermasalah, terutama kartu kredit. Sebab akan masuk dalam blacklist BI.

2. Sesuaikan Kebutuhan Kendaraan
Ketahui dengan jelas apa tujuan membeli dan jenis mobil yang dibutuhkan. Keluarga dengan dua orang anak sangat tepat jika memilih mobil keluarga ketimbang sedan, kecuali mobil pertama adalah MPV dan butuh mobil kedua untuk kebutuhan lainnya.

3. Perhitungkan Kondisi Keuangan
Angsuran semua kredit pribadi hanya boleh sekitar 30% dari total penghasilan perbulan yang tertera di slip gaji. Pastikan memiliki dana yang mencukupi untuk membayar uang muka (down payment/DP) kredit mobil, yakni sekitar 20-30% dari total harga mobil. Sebab, besarnya DP akan menentukan jumlah cicilan perbulan. Supaya DP lebih ringan, metode trade-in atau tukar tambah bisa diperhitungkan.

BACA JUGA: 5 Ide Mengubah Rumah Biasa Jadi Smart Home

4. Lakukan Simulasi Kredit
Simulasi kredit diperlukan agar Anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil kelak.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1198 seconds (10.101#12.26)