Bukan Kaleng-kaleng, Ini Mobil Khusus untuk Evakuasi di Lokasi Bencana

Minggu, 05 Desember 2021 - 16:01 WIB
loading...
Bukan Kaleng-kaleng, Ini Mobil Khusus untuk Evakuasi di Lokasi Bencana
PMI memiliki mobil khusus yang siap digunakan untuk melakukan evakuasi di lokasi bencana tersulit sekalipun. Foto/PMI
A A A
JAKARTA - Untuk mencapai lokasi bencana dibutuhkan kendaraan yang bukan kaleng-kaleng karena medan yang dituju bakal memberikan tantangan yang tidak mudah. Makanya, sejumlah daerah sudah menyiapkan kendaraan khusus untuk menembus lokasi bencana.

Kendaraan ini biasanya memiliki tenaga yang sangat buas karena sesuai dengan medan yang akan ditempuh. Bahkan kendaraan ini harus memiliki spesifikasi khusus untuk bisa menembus segala rintangan.



Beberapa instansi di Indonesia diketahui memiliki mobil khusus yang siap digunakan untuk melakukan evakuasi di lokasi bencana tersulit sekalipun. Berikut kendaraan yang diandalkan untuk menembus wilayah bencana alam yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Huggland BV206

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Mobil Khusus untuk Evakuasi di Lokasi Bencana


Mobil buatan BAE Systems Land Systems Hagglunds AB asal Swedia ini dipesan khusus PMI untuk menanggulangi bencana. Mobil ini mengadopsi mesin V6 2.800 cc kepunyaan Ford Cologne.

PMI sengaja mendatangkan mobil ini untuk melakukan evakuasi korban bencana yang sulit dicapai menggunakan mobil biasa. Karena roda rantai yang digunakan, Huggland BV206 mampu menembus segala medan, mulai jalan salju, tanah berlumpur, bebatuan, puing-puing bangunan, dan wilayah banjir.



Kendaraan ini sudah beroperasi di beberapa lokasi bencana seperti mengevakuasi korban bencana Palu - Donggala beberapa waktu lalu dan beberapa daerah lainnya.

2. Mobil Amfibi BPBD Gresik

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Mobil Khusus untuk Evakuasi di Lokasi Bencana


Mobil dengan spesifikasi khusus ini merupakan kendaraan evakuasi bencana berbasis Mitsubishi Triton. Mobil berpengerak empat roda ini diubah habis-habisan hingga mampu menembus banjir.



Untuk mengubah mobil ini menjadi semi amfibi, BPBD Gresik merancangnya bersama ITS Surabaya. Menggunakan mesin kapasitas 2.600 cc, mobil ini menggunakan roda khusus dan ground clearance yang tinggi sehingga mampu menembus banjir hingga 1,5 meter dan jalan berlumpur.

Dengan ubahan yang esktrem di bagian eksterior dan interior, mobil tersebut kini mampu menampung sembilan korban bencana, dilengkapi APAR, alat selam, pelampung, serta gergaji mesin.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3073 seconds (0.1#10.140)