Ingin Kuasai Mobil Listrik, Toyota Bangun Pabrik Baterai di Carolina Utara

Selasa, 07 Desember 2021 - 12:33 WIB
loading...
Ingin Kuasai Mobil Listrik, Toyota Bangun Pabrik Baterai di Carolina Utara
Toyota akan membangun pabrik di Greensboro-Randolph Megasite yang terletak di Randolph County di Carolina Utara. Foto/Autoblog
A A A
CAROLINA - Toyota melihat Amerika Serikat sebagai pasar yang potensial untuk penjualan mobil listrik di masa depan. Karena itu, Toyota rela merogoh koceknya hingga USD1,29 miliar untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Carolina Utara.

Dilansir Autoblog, Selasa (7/12/2021), Toyota mengatakan akan membangun pabrik di Greensboro-Randolph Megasite yang terletak di Randolph County di Carolina Utara. Pabrik tersebut ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada tahun 2025.



Pada tahap awal, pabrik tersebut diperkirakan mampu memproduksi 200.000 sel baterai untuk mobil listrik. Berikutnya, Toyota berencana untuk memperluas fasilitas pabrik agar bisa memproduksi sel daya yang cukup untuk mendukung hingga 1,2 juta mobil per tahun.

Pabrik yang akan dibangun ini merupakan bagian dari investasi USD3,4 miliar yang telah dialokasikan Toyota untuk memperluas kemampuan produksi baterainya di AS. Ketika pertama kali mengumumkan pembangunan pabrik baterai di AS, Toyota mengatakan akan menciptakan sekitar 1.750 pekerjaan.



Toyota memilih lokasi pabrik di Greensboro-Randolph Megasite karena beberapa alasan, salah satunya karena lokasinya dekat dengan akses ke energi terbarukan. Toyota mengatakan "berkomitmen" untuk menggunakan 100 persen energi bersih untuk memproduksi baterai di fasilitas tersebut.

Skala proyek ini merupakan pengakuan dari Toyota bahwa mereka perlu mendiversifikasi strategi elektrifikasinya. Lebih dari pembuat mobil lainnya, Toyota berinvestasi secara signifikan dalam teknologi sel bahan bakar. Karena perusahaan berencana memproduksi sekitar 70 model mobil listrik berbeda pada tahun 2025.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2592 seconds (0.1#10.140)