Ingin Kuasai Mobil Listrik, Toyota Bangun Pabrik Baterai di Carolina Utara

Selasa, 07 Desember 2021 - 12:33 WIB
loading...
Ingin Kuasai Mobil Listrik, Toyota Bangun Pabrik Baterai di Carolina Utara
Toyota akan membangun pabrik di Greensboro-Randolph Megasite yang terletak di Randolph County di Carolina Utara. Foto/Autoblog
CAROLINA - Toyota melihat Amerika Serikat sebagai pasar yang potensial untuk penjualan mobil listrik di masa depan. Karena itu, Toyota rela merogoh koceknya hingga USD1,29 miliar untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Carolina Utara.

Dilansir Autoblog, Selasa (7/12/2021), Toyota mengatakan akan membangun pabrik di Greensboro-Randolph Megasite yang terletak di Randolph County di Carolina Utara. Pabrik tersebut ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada tahun 2025.

BACA: Toyota Segera Rilis Mobil Listrik?

Pada tahap awal, pabrik tersebut diperkirakan mampu memproduksi 200.000 sel baterai untuk mobil listrik. Berikutnya, Toyota berencana untuk memperluas fasilitas pabrik agar bisa memproduksi sel daya yang cukup untuk mendukung hingga 1,2 juta mobil per tahun.



Pabrik yang akan dibangun ini merupakan bagian dari investasi USD3,4 miliar yang telah dialokasikan Toyota untuk memperluas kemampuan produksi baterainya di AS. Ketika pertama kali mengumumkan pembangunan pabrik baterai di AS, Toyota mengatakan akan menciptakan sekitar 1.750 pekerjaan.

BACA JUGA: Benarkah Tembok China Bisa Dilihat dari Luar Angkasa? Ini Jawaban Ilmuwan

Toyota memilih lokasi pabrik di Greensboro-Randolph Megasite karena beberapa alasan, salah satunya karena lokasinya dekat dengan akses ke energi terbarukan. Toyota mengatakan "berkomitmen" untuk menggunakan 100 persen energi bersih untuk memproduksi baterai di fasilitas tersebut.

Skala proyek ini merupakan pengakuan dari Toyota bahwa mereka perlu mendiversifikasi strategi elektrifikasinya. Lebih dari pembuat mobil lainnya, Toyota berinvestasi secara signifikan dalam teknologi sel bahan bakar. Karena perusahaan berencana memproduksi sekitar 70 model mobil listrik berbeda pada tahun 2025.
(ysw)
Berita Terkait
Hyundai Kuasai Pasar Mobil Listrik Indonesia Hingga 87,3 Persen
Balihonya Bermunculan di Bali-Surabaya, Ridwan Kamil: Saya Sedang Kampanye
Bridgestone Turanza T005A Jadi Original Equipment Toyota All New Veloz
Mobil Pintu Geser Harga di Bawah Rp250 Juta, Yuk Serbu
Yuk Merapat! China Luncurkan Mobil Listrik Murah Harga Rp200 Jutaan
Lupakan China, Tesla Borong Bahan Baku Baterai Listrik dari Mozambik
Penjualan Mobil Listrik di China Naik Drastis Sepanjang 2021
Komentar Anda
OTO UPDATE