Tak Selalu Superior, Ini 4 Tragedi Mogoknya Mobil Kenegaraan Presiden Amerika Serikat

Rabu, 08 Desember 2021 - 07:00 WIB
loading...
Tak Selalu Superior, Ini 4 Tragedi Mogoknya Mobil Kenegaraan Presiden Amerika Serikat
Cadillac One, milik Presiden Amerika Serikat saat mogok di Dublin, Irlandia pada 30 Juli 2015. Foto/Dailymail.
A A A
JAKARTA - Mobil kenegaraan Presiden Amerika Serikat yang dinamakan Cadillac One atau The Beast dibuat untuk menjadi mobil yang terkuat dan terhebat. Membawa Presiden Amerika Serikat mobil itu bisa menahan serangan senjata api dan peluru kendali.

Tidak hanya itu Cadillac One juga dilengkapi dengan peralatan canggih dan mumpuni. Tidak hanya mampu bertahan, mobil itu juga dibuat untuk bisa menyerang musuh-musuh yang mencegat mobil buatan General Motors itu.



Hanya saja tidak selamanya Cadillac One The Beast superior. Mobil itu tercatat pernah beberapa kali mogok di jalan. Tapi jangan salah sangka dulu kejadian mogok itu seluruhnya disebabkan oleh kesalahan pengemudi mobil itu sendiri. Nah, berikut ini ceritanya:

1. Mogok di Roma, Italia pada 9 Juni 2007


Presiden Amerika Serikat ke-43 George Walker Bush punya pengalaman kurang enak saat berkunjung ke Roma, Italia pada 9 Juni 2007. Saat itu dia dan rombongannya hendak keluar dari kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Italia di Roma.

Awalnya mobil kenegaraan yang waktu itu adalah Cadillac DTS berjalan mulus tanpa hambatan. Namun hanya beberapa meter kemudian tiba-tibam mobil itu mogok . Berkali-kali agen Secret Service yang mengendarai mobil berupaya menyalakan mesin. Namun mobil tak kunjung menyala.

Sementara di luar mobil masyarakat kota Roma yang berkunjung malah penasaran. Bahkan di antara mereka banyak yang tertawa karena mengira mobil yang dikendarai George Walker Bush kehabisan bensin.

Untungnya saat itu Presiden Amerika Serikat ke-43 itu datang membawa 2 mobil kenegaraan. Dia pun pindah ke mobil lain yang langsung disambut oleh tepuk tangan warga kota Roma.

2. Mogok di Mumbai, Italia pada 5 November 2010
Tak Selalu Superior, Ini 4 Tragedi Mogoknya Mobil Kenegaraan Presiden Amerika Serikat


Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama tidak akan lupa akan kunjungannya ke India pada 5 November 2010. Saat itu mobil kenegaraan Cadillac One The Beast justru terpaksa berhenti karena mesin yang kepanasan.

Bill Gage, mantan anggota Secret Service yang kala itu menemani Barack Obama mengatakan mobil terpaksa berhenti cukup lama karena menunggu mesin mobil dingin kembali. "Saat itu India memang sangat panas. Entah karena apa tiba-tiba sopir Cadillac One meminta rombongan untuk berhenti karena mobil Cadillac One mesinnya kepanasan," jelas Bill Gage.

Saat itu yang ditakutkan oleh Bill Gage adalah warga di Mumbai, India yang keheranan kenapa mobil dan rombongan besar yang dibawa Barack Obama tiba-tiba berhenti dengan alasan yang tidak jelas.

3. Mogok di Irlandia pada 30 Juli 2015


Barack Obama merupakan presiden Amerika Serikat yang paling sering menghadapi peristiwa tidak enak dengan Cadillac One The Beast. Selain di India dia juga pernah merasakan mobil yang dia kendarai mogok sewaktu datang ke Irlandia pada 30 Juli 2015.

Peristiwa terjadi di depan kantor kedutaan Amerika Serikat untuk Irlandia di Dublin. Saat itu mobil yang hendak keluar tiba-tiba nyangkut oleh polisi tidur yang ada di depan kantor kedutaan. Berkali-kali sopir Cadillac One berusaha menyelamatkan mobil yang terjebak itu. Hanya saja mobil sama sekali tidak bisa lepas dari jebakan polisi tidur.

Alhasil Secret Service harus memindahkan Barack Obama ke mobil lain. Mereka juga meminta petugas pemadam kebakaran setempat untuk menyelamatkan mobil kenegeraan Presiden Amerika Serikat itu.

4. Mogok di Israel pada 20 Maret 2013
Tak Selalu Superior, Ini 4 Tragedi Mogoknya Mobil Kenegaraan Presiden Amerika Serikat


Kejadian mogoknya mobil kenegaraan Presiden Amerika Serikat di Israel pada 20 Maret 2013 merupakan kejadian yang paling tidak mengenakkan buat Barack Obama. Begitu sampai di Bandara Israel Ben-Gurion, Barack Obama langsung masuk ke mobil Cadillac One The Beast.

Lucunya mobil tiba-tiba sama sekali tidak bisa dinyalakan. Ed Donovan, juru bicara Gedung Putih waktu itu mengatakan mobil yang dikendarai Barack Obama tidak bisa jalan karena salah dalam mengisi bahan bakar.

Anggota Secret Service yang harusnya memasukkan bahan bakar ke dalam mobil justru salah ambil bahan bakar. Alih-alih bahan bakar yang digunakan adalah bensin bukan solar. Dia mengira mobil besar yang digunakan Barack Obama basisnya adalah mobil sedan bensin. Padahal saat itu mobil yang digunakan adalah mobil SUV buatan Cadillac bermesin diesel.

Peristiwa itu justru jadi berkah buat sopir truk asli Israel, Motti Matmon. Pasalnya dia yang ditugaskan untuk membawa mobil itu ke bengkel untuk diperbaiki. "Saya sangat kaget, karena ini bukan hal yang sering terjadi," ujar Motti Matmon kepada Ynet News waktu itu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)