AHM Dukung Pemerataan Kompetensi Vokasi di SMK

Jum'at, 10 Desember 2021 - 09:23 WIB
loading...
AHM Dukung Pemerataan Kompetensi Vokasi di SMK
GM Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin melakukan monitoring pengembangan vokasi secara terintegrasi, salah satunya dengan melakukan visitasi Kepada SMK TBSM Astra Honda yaitu SMK Negeri 1 Gangga, Kab. Lombok Utara.
A A A
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) mempertajam upaya pemerataan kompetensi vokasi di dunia pendidikan dengan meningkatkan implementasi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di SMK mitra binaan. Langkah ini dilakukan melalui standardisasi sistem monitoring agar melahirkan alumni SMK yang punya daya saing di dunia industri.

AHM mengembangkan standardisasi monitoring berbasis self assesment yang dilakukan oleh SMK mitra binaan yang dikirimkan dalam periode tertentu. Hasil penilaian mandiri SMK yang mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda ini antara lain meliputi kondisi fisik sarana prasarana di sekolah, jumlah guru produktif dan siswa, hingga level sertifikasi guru dan hasil uji kompetensi siswa.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pihaknya berupaya memastikan terjadinya peningkatan sekaligus pemerataan kualitas implementasi Kurikulum TBSM Astra Honda di semua wilayah. Standardisasi sistem monitoring dikembangkan AHM untuk meningkatkan kontribusi perusahaan di dunia vokasi sehingga terlahir alumni SMK yang siap bersaing.

AHM Dukung Pemerataan Kompetensi Vokasi di SMK


“Dengan semangat bersinergi bagi negeri, kami ingin kontribusi di dunia vokasi bisa melahirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan kami. Dukungan, monitoring program, dan apresiasi akan terus kami berikan agar SMK mitra binaan dapat bersama-sama mewujudkan link and match dunia pendidikan dan industri di Tanah Air," ujar Muhib.

Dalam rangka implementasi standardisasi dan pemerataan kompetensi, AHM belum lama ini melakukan monitoring sekaligus memberikan donasi kepada dua SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, yaitu SMK Negeri 1 Gangga, Kabupaten Lombok Utara dan SMK Negeri 2 Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah.

SMK Negeri 1 Gangga yang berada di pesisir utara Pulau Lombok ini sempat terdampak bencana gempa yang menyebabkan lumpuhnya fasilitas belajar di sekolah. Dalam kunjungannya, AHM memberikan donasi 1 unit motor dan didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) yang juga memberikan donasi Rp50 juta. Pemberian donasi ini guna membantu proses pemulihan sekolah melalui pemberian seperangkat alat praktik untuk mendukung proses belajar mengajar Kurikulum TBSM Astra Honda.

Monitoring SMK di Lombok juga dilakukan AHM ke SMK yang telah tersertifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK), yaitu SMK Negeri 2 Praya Tengah (22/11). Berlokasi di luar Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, SMK mitra binaan Astra Honda ini memiliki beragam prestasi di tingkat taraf nasional seperti menjadi perwakilan provisi NTB pada gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional. AHM memberikan apresiasi kepada SMKN 2 Praya Tengah berupa donasi 1 Unit sepeda motor Honda beserta seperangkat alat praktik TBSM Astra Honda.

Konsisten dengan Vokasi
Mendukung dunia pendidikan vokasi sejak 2010, AHM bersama Main Dealer sepeda motor Honda telah melaksanakan beberapa pengembangan program seperti pembuatan kurikulum, penguatan kompetensi guru dan juga pengembangan fasilitas belajar mengejar. Pengembangan kurikulum dilakukan melalui program link and match dengan mengimplementasi kurikulum TBSM Astra Honda.

Melalui progam link and match, pembinaan SMK ini dilakukan dengan beberapa kegiatan antara lain pemberian materi ajar dalam bentuk teori, praktik, dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk siswa SMK TBSM Astra Honda.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1861 seconds (11.210#12.26)