Modal Rp11 Juta Pandai Besi India Bikin Mobil Unik

Kamis, 23 Desember 2021 - 05:00 WIB
loading...
Modal Rp11 Juta Pandai Besi India Bikin Mobil Unik
Pandai besi India berhasil membuat mobil yang unik dengan modal Rp11 juta. Foto/IST
A A A
INDIA - Dattatraya Lohar, seorang pandai besi yang bermukim di Maharashstra, India jadi pusat perhatian negeri kari itu belakangan ini. Pasalnya pria yang sehari-hari berurusan dengan besi itu berhasil membuat sebuah mobil unik dengan modal yang sangat kecil yakni 60.000 Rupee atau setara Rp11,3 juta.

Disebutkan situs India On 24, Dattatraya Lohar tergerak membuat sebuah mobil karena keinginan anaknya. Saat itu anaknya ingin sekali merasakan enaknya berada di dalam sebuah mobil.

Sadar tidak mampu membeli mobil, Dattatraya langsung bertekad membuat mobil sendiri. Mengandalkan kemampuannya mengolah besi-besi, Dattatraya Lohar memulai misinya membuat mobil.

Selain menyiapkan besi-besi yang dibutuhkan, dia juga mencari berbagai spareparts mobil bekas yang tersedia. Sayangnya dia tidak bisa membeli mesin mobil bekas karena keterbatasan dana.






Akhirnya dia mengganti mesin mobil dengan mesin motor. Jadi jangan kaget kalau cara menyalakan mobil buatan Datattraya Lohar bukanlah menggunakan kunci mobil. Alih-alih menginjak kick starter yang ada di mobil buatan Datattraya Lohar.

Jangan juga melihat mobil buatan Datattraya Lohar sama seperti mobil yang ada saat ini. Mobil itu memang dilengkapi dengan tampilan muka mobil lama. Hanya saja seluruh bagian mobil itu terbuka dan hanya memiliki atap guna mencegah pengemudi dan penumpangnya terpapar panas dan terkena hujan.

Hebatnya kreasi Datattraya Lohar langsung jadi pusat perhatian masyarakat India. Bahkan pemilik perusahaan mobil Mahindra, Anand Mahindra memuji kreasi pandai besi India itu lewat akun twitter resmi miliknya.

"Kendaraan itu memang tidak akan memenuhi regulasi yang ada. Tapi saya selalu kagum dengan semangat orang-orang yang terus berkreasi walau mendapatkan banyak tantangan. Termasuk semangat mereka pada mobilitas. Saya juga kenal sekali dengan grille depan kendaraan itu," ujar Anand Mahindra .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9034 seconds (0.1#10.140)