Disuntik Mati, 3 Mobil Sport Produksi Terakhir Jadi Koleksi Lotus

Jum'at, 24 Desember 2021 - 14:00 WIB
loading...
Disuntik Mati, 3 Mobil Sport Produksi Terakhir Jadi Koleksi Lotus
Lotus mengumumkan secara resmi telah berhenti memproduksi tiga mobil sport legendaris, yakni Lotus Elise, Exige, dan Evora. Foto/Carbuzz
A A A
LONDON - Lotus mengumumkan secara resmi telah berhenti memproduksi tiga mobil sport legendaris, yakni Lotus Elise, Exige, dan Evora. Sebagai gantinya, Pabrik Lotus di Hethel, Inggris akan memproduksi mobil sport generasi terbaru, Lotus Emira dan Evija.

Dikutip dari Carbuzz, Jumat (24/12/2021), Lotus Elise merupakan mobil sport legendaris yang dibuat pertama kali pada tahun 1996. Kemudian, perusahaan melakukan pembaruan model dan lahirlah mobil sport versi hardcore Lotus Elise pada tahun 2000. Sedangkan Evora pertama kali dikenalkan pada tahun 2009.

Ketiga mobil legendaris ini terjual sebanyak 51.738 unit dan mewakili hampir setengah dari total produksi perusahaan sepanjang 73 tahun sejarahnya. Lotus juga telah membangun 9.715 mobil sport untuk klien pihak ketiga seperti GM dan Tesla.



Lotus sekarang berencana untuk membongkar jalur perakitan pabrik tersebut dan menggantinya dengan peralatan yang benar-benar baru dan canggih. Sekarang Lotus akan fokus untuk menggarap Emira.

Produksi All-new Emira akan dimulai musim semi ini dengan target bisa memproduksi sebanyak 5.000 unit per tahun. Pengujian prototipe Emira masih berlangsung dan akan selesai hingga musim semi nanti.

Disuntik Mati, 3 Mobil Sport Produksi Terakhir Jadi Koleksi Lotus


"Tiga contoh terakhir dari Elise, Exige, dan Evora tidak akan dijual. Mereka akan menjadi koleksi warisan perusahaan," kata Matt Windle, direktur pelaksana Lotus.

Ketiga mobil yang masuk daftar koleksi perusahaan, yakni Elise Sport 240 Final Edition terakhir (No. 35.124) selesai dengan warna kuning, Exige Cup 430 Final Edition terakhir (No. 10.497) memakai Heritage Racing Green, dan Evora terakhir, GT430 Sport dengan warna Dark Metallic Grey, adalah nomor 6.117 dalam hitungan produksi.



Dalam penumumannya, Windle berterima kasih kepada tim Lotus yang telah bekerja di Elise, Exige dan Evora selama bertahun-tahun dan yang sekarang pindah ke manufaktur Emira dan Evija.

"Kami menantikan Emira dan Evija di pabrik baru di Hethel dan fasilitas sub-perakitan di Norwich. Kami akan memperkenalkan efisiensi dan otomatisasi yang lebih besar, lebih tinggi kualitas dan fleksibilitasnya pada produk ini," ujarnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)