Tips Merawat Motor Saat Liburan, Bikers Wajib Tahu!

Rabu, 29 Desember 2021 - 08:28 WIB
loading...
Tips Merawat Motor Saat Liburan, Bikers Wajib Tahu!
Tips merawat motor saat liburan wajib diketahui oleh mereka yang memiliki sepeda motor. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Tips merawat motor saat liburan wajib diketahui oleh mereka yang memiliki sepeda motor. Ini penting agar ketika akan digunakan usai liburan natal dan tahun baru, sepeda motor tetap prima dan bertenaga.

Libur natal dan tahun baru banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke lokasi wisata atau ke luar kota. Mereka kadang berwisata menggunakan angkutan umum seperti pesawat terbang atau mobil.

Sepeda motor yang biasa digunakan untuk aktifitas sehari-hari biasanya diistirahatkan di rumah. Selama motor tidak digunakan ini seharusnya pemilik tahu bagaimana memperlakukannya.



Karena sepeda motor yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa menurunkan performanya. Agar kondisi motor tetap prima usai libur tahun baru, berikut tips merawat motor saat liburan:

1. Jika motor tidak digunakan dalam waktu lama, ada baiknya terminal negatif pada aki motor dilepas. Ini agar setrum tetap terjaga dan menghindari korsleting pada bagian kelistrikan motor.

2. Isi bahan bakar secukupnya, ini untuk menghindari bensin terlalu lama mengendap di tangki karena akan mengurangi kualitas bahan bakar.

3. Pakai main standar atau standar dua ketika sepeda motor tidak digunakan lama. Ini untuk menjaga keawetan ban dan shockbreker yang pastinya akan berat sebelah ketika mengunakan standar samping.



4. Khusus untuk sepeda motor dengan teknologi smart key system seperti sepeda motor matik keluaran terbaru, pastikan smart key atau remote dalam keadaan non aktif. Ini bertujuan agar unit tetap aman dari pencurian dan sinyal dari remote tidak akan terus memancar sehingga akan menghemat baterai remote.

5. Untuk lebih aman dari pencurian, pastikan sepeda motor disimpan di dalam rumah atau ruangan yang sulit dimasuki pencuri. Ini juga untuk menghindari paparan sinar matahari dan hujan agar cat tidak kusam dan kaca speedo meter mengalami retak.

6. Pastikan juga tempat penyimpanan sepeda motor aman dari serangga dan tikus. Karena sering terjadi kabel electrical pada motor di gigit tikus yang mengakibatkan korslet.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)