Waymo Gandeng Geely China Bikin Taksi Listrik Otonom

Kamis, 30 Desember 2021 - 23:01 WIB
loading...
Waymo Gandeng Geely China Bikin Taksi Listrik Otonom
Waymo bekerja sama dengan produsen mobil China Geely untuk mengembangkan taksi listrik otonom. Foto/dok
A A A
NEW DELHI - Waymo bekerja sama dengan produsen mobil China Geely untuk mengembangkan Taksi listrik otonom. Rencananya, mobil listrik ini akan dikembangkan oleh Zeekr dan dibuat di pabrik Geely di Swedia.

Dilansir CNN, Kamis (30/12/2021), anak perusahaan Google (GOOGL), Alphabet mengumumkan kemitraan tersebut pada Selasa.

Waymo sendiri menyebut kerjasama ini sebagai bagian besar dari komitmennya untuk memperluas akses ke transportasi berkelanjutan.



Dalam siaran persnya, mobil listrik Waymo akan dirancang dan dikembangkan oleh Zeekr, merek mobilitas listrik Geely, di sebuah fasilitas di Swedia.

Setelah dikirim ke Waymo di Amerika Serikat, mobil listrik tersebut akan dilengkapi dengan teknologi mengemudi otonom yang disebut Waymo Driver.

Waymo tidak mengatakan secara pasti kapan mobil listrik itu akan turun ke jalan. Namun sebuah posting blog di situs web Waymo, dikatakan kalau mobil itu akan diperkenalkan dalam armada Waymo One-nya di tahun-tahun mendatang.



Waymo mengatakan van self-driving-nya telah memberikan puluhan ribu tumpangan sejak perusahaan meluncurkan layanan robot taksi publik di Chandler, Arizona, lebih dari setahun yang lalu.

Ini bukan pertama kalinya Geely bermitra dengan perusahaan teknologi besar untuk membuat mobil. Pada bulan Januari 2021, Geely bekerja sama dengan raksasa pencarian China Baidu membangun mobil listrik cerdas.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)