Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Jum'at, 31 Desember 2021 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Punggawa Sinergi Vespa Oktavianus R Sinay mengatakan, sejak 2017 ia melihat minat konsumen Indonesia terhadap produk Vespa semakin tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang menyebut pangsa skuter matik di Indonesia hanya 55 persen ketika PT Piaggio Indonesia masuk ke pasar lokal pada 2011. Namun, melonjak jadi 80 persen di 2017 dan hampir 90 persen di 2020.

”Pangsa pasar skuter matik di Indonesia yang sangat dominan, ikut mendongkrak pasar skuter premium niche seperti Vespa di Indonesia,” ujar Okta, sapaan akrabnya. Sinergi Vespa merupakan diler Piaggio Vespa terbesar di Indonesia.

Itu artinya, peluang skuter premium di Indonesia kedepannya masih sangat menjanjikan dan sangat terbuka lebar.

Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Sinergi Vespa Pondok Gede yang sebagian besar unitnya sudah ludes dibeli konsumen. Foto: Sindonews/Danang Arradian

”Faktanya memang anak muda zaman sekarang banyak yang memilih Vespa dibandingkan motor gede,” ujar Okta.

”Selain lebih nyaman dikendarai di berbagai kesempatan, pengendara Vespa juga selalu mencuri perhatian di jalan. Dari sisi produk pun terus berkembang lebih baik. Saya yakin pengguna Vespa di Indonesia kedepannya akan terus membesar,” ia menambahkan.

Edisi Terbatas Dior Hingga Justin Bieber
Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Vespa 946 Christian Dior di Indonesia yang dirilis dengan banderol Rp465 juta. Foto: dok PID

Banyak alasan orang membeli Vespa. Dan tidak sedikit karena tertarik pada desain dan value-nya. Mereka membeli Vespa tidak untuk digunakan, tapi disimpan di garasi bahkan ruang tamu untuk dikagumi.

PT Piaggio Indonesia sendiri cukup rajin menghadirkan Vespa edisi terbatas (limited edition) untuk di koleksi. Ada lebih dari 11 model Vespa edisi terbatas yang sudah rilis di Indonesia.

Misalnya, Vespa 946 yang hanya tersedia 51 unit saja di 2013 dengan banderol Rp146 juta. Disusul Vespa 946 Bellissima pada 2014 dengan harga Rp170 juta.

Pada 2015, PT Piaggio Indonesia menghadirkan Vespa 946 Emporio yang hampir menyentuh Rp200 juta.

Lalu ada Vespa 70th Anniversary Edition untuk merayakan HUT Vespa ke-70 di 2016, serta Vespa 946 RED sebagai bentuk kampanye melawan AIDS, TBC, dan malaria dengan banderol Rp199 juta pada 2017.

Pada 2018, cukup banyak model edisi terbatas yang dirilis. Mulai Vespa Sei Giorni (Rp190 juta), Vespa Sprit Carbon (Rp42,5 juta), Vespa Primavera Yacht Club (Rp42 juta), Vespa Primavera 50th Anniversary (Rp42 juta), hingga Vespa Sprint Notte (Rp48,5 juta).

Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Vespa Primavera edisi Sean Wotherspoon dipamerkan di diler Piaggio di Surabaya. Foto: dok PID

Selanjutnya, PT Piaggio Indonesia juga merilis Vespa Primavera Sean Wotherspoon (Rp85 juta), Vespa Primavera dan GTS 75th Anniversary Limited Edition, dan terbaru Vespa Sprint 150 i-get ABS Limited Edition untuk merayakan 10th Anniversary. Vespa itu hanya dirilis 1.010 unit dan sudah habis terjual.

”Banyak orang berebut ingin memiliki Vespa Special Edition atau Limited Edition. Sebab, harga jualnya tidak jatuh walaupun kita gunakan. Sehingga disimpan untuk dikoleksi dan jadi investasi,” ujar pengurus komunitas Vespride Bogor Ifaldi Musyaddat.

”Silahkan cek harga seken Vespa Primavera Sean Wotherspoon sekarang yang bisa mencapai Rp160 juta atau bahkan Rp190 juta atau dua kali lipat dari harga resminya,” tambahnya.

Yang terbaru, PT Piaggio Indonesia resmi memasarkan Vespa 946 Christian Dior di Indonesia dengan banderol Rp465 juta dan sistem pembelian bundling. Untuk membawa pulang, pengguna harus lebih dulu memboyong produk Aprilia atau Moto Guzzi.

Pada 2022, Piaggio bahkan sudah menyebut kolaborasi mereka dengan penyanyi Justin Bieber.

Vespa edisi terbatas ini memiliki hype yang mirip dengan brand streetwear Supreme asal New York. Orang berebut mendapatkannya karena sangat percaya dengan kualitas brand, harga yang terus terkerek naik, serta barang yang sangat sulit di dapatkan.

Terbuai ”Racun” Vespa
Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Membeli produk Vespa modern memang memiliki value atau nilai berbeda dengan skuter lainnya. Sehingga muncul istilah Kualitas, Tradisi, dan Investasi (KTI).

”Pemilik Vespa akan mendapat produk kualitas, mewarisi tradisi merek Italia, serta berinvestasi,” ujar pengurus komunitas Vespride Bogor Ifaldi Musyaddat.

”Lihat saja harga jual Vespa modern seperti Sprint 2015 dulu Rp28 juta-Rp30 juta. Di marketplace dengan kondisi bagus kita jual di harga yang sama di 2021 cepat sekali lakunya,” beber Ifaldi.

Ifaldi yang memiliki koleksi Vespa Sprint, Piaggio Fly, serta Vespa Sprint lansiran 1976 menyebut bahwa saat ini Vespa di Indonesia seolah kembali ke masa kejayaannya.

”Banyak penggemar Vespa yang sengaja jual Vespa lama untuk upgrade Vespa baru. Tapi, banyak juga yang sudah memiliki Vespa modern, justru ingin menambah koleksi Vespa lama. Penggemar Vespa lama dan baru sama-sama membesar,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)