Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Jum'at, 31 Desember 2021 - 20:02 WIB
loading...
Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa
Selama 10 tahun masuk ke pasar lokal, PT Piaggio Indonesia tidak hanya mampu mencengkeram pasar skuter premium, namun juga mengulang kejayaan Vespa di Indonesia. Foto: dok Piaggio Indonesia
A A A
JAKARTA - Roberto Colaninno bicara pelan. Suaranya sedikit serak. Tapi tetap tegas dan antusias. Saat itu usianya 68 tahun. ”Akhirnya kami kembali ke Indonesia,” katanya kepada awak media di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski.

Hari itu Kamis, 9 Juni 2011, tepat tiga bulan setelah PT Piaggio Indonesia resmi berdiri. Chairman dan CEO Piaggio & C SpA itu bicara banyak tentang rencana-rencana Piaggio di Indonesia.



Termasuk mengucapkan janji ini: ”jika mendapat sambutan bagus, kami akan buka pabrik di Indonesia!”.

Saat itu Piaggio memang sedang aktif berekspansi di Asia Tenggara. Pabrik Piaggio di Vinh Phuc, Vietnam sudah terlebih dulu beroperasi pada 2009 dengan kapasitas produksi 100.000 unit per tahun. Unitnya dikirim ke negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Taiwan, juga Indonesia.

Termasuk tiga produk pertama PT Piaggio Indonesia , yakni Piaggio Zip 100, Vespa LX 125 dan LX 150 Injection, serta Piaggio Liberty 150 Injection. Tiga produk itu yang jadi modal penetrasi awal Piaggio di pasar lokal.

Tantangan mengembalikan kembali kejayaan Piaggio dan Vespa di Indonesia saat itu sangat berat. Penguasaan pabrikan Jepang terlalu dominan, segmen motor premium belum terbentuk, dan masih banyak lagi.

Menepati Janji
Tuntaskan Janji, Mengulang Kejayaan, serta Menebar Pesona Vespa

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyaksikan produk Piaggio. Foto:dok Sindonews

Memang butuh satu dekade, tapi Roberto Colaninno benar-benar amanah dengan janjinya mendirikan pabrik di Indonesia.

Terbukti Selasa (9/11) silam, PT Piaggio Indonesia meletakkan batu pertama pabrik baru Vespa di kawasan industri Jababeka di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik itu berdiri di atas lahan seluas 6 hektar dengan kapasitas tahunan 10 ribu unit.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3419 seconds (0.1#10.140)