5 Penyebab Ban Cepat Botak, Nomor 3 Sering Dilakukan Kalau Terburu-buru

Sabtu, 01 Januari 2022 - 16:03 WIB
loading...
5 Penyebab Ban Cepat Botak, Nomor 3 Sering Dilakukan Kalau Terburu-buru
Penyebab ban cepat botak ini sering tak diketahui pemilik sepeda motor sehingga tanpa sadar kerap dilakukan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penyebab ban cepat botak ini sering tak diketahui pemilik sepeda motor sehingga tanpa sadar kerap dilakukan. Padahal jika mengetahui penyebabnya, Anda bisa membuat usia pemakaian ban bisa lebih panjang.

Ban merupakan komponen penting sepeda motor yang bisa memengaruhi bagaimana Anda berkendara. Jika ban sudah mengalami kebotakan, tak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

Agar ban bisa awet kendati sepeda motor sering digunakan, ada baiknya ketahui dahulu penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya, Anda jadi tidak sering-sering mengganti ban dengan yang baru.

Berikut 5 penyebab ban cepat botak yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Sering Angkut Beban Berat

Salah satu penyebab ban motor cepat botak adalah sering digunakan mengangkut beban berat. Ini disebabkan karena beban berat bisa membuat tekanan ban ke aspal lebih kuat.



Gesekan antara ban dan aspal yang meningkat membuat ban menjadi cepat botak. Kondisi ini bisa makin parah ketika tekanan angin pada ban juga berkurang.

2. Berkendara Ugal-ugalan

Penyebab ban botak selanjutnya karena berkendara dengan ugal-ugalan. Ketika memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi, otomatis Anda akan sering melakukan pengereman sehingga gesekan antara ban dan aspal jadi sering terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3088 seconds (0.1#10.140)