Penyebab Motor Hilang Kompresi, Jangan Bingung Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Rabu, 05 Januari 2022 - 21:57 WIB
loading...
Penyebab Motor Hilang Kompresi, Jangan Bingung Ini Gejala dan Cara Mengatasinya
Penyebab motor kehilangan kompresi otomatis akan membuat motor mogok. Foto/Motor Tourer.
A A A
JAKARTA - Penyebab motor hilang kompresi tidak perlu disikapi berlebihan apalagi panik. Meski demikian wajar jika Anda tiba-tiba merasa kaget. Pasalnya gejala kehilangan kompresi memang sedikit membingungkan karena pengapian masih tetap ada tapi motor malah mogok.

Anda pun akan kerepotan ketika berupaya menghidupkan kembali motor dengan tombol yang ada di setang motor. Pasalnya sistem pengapian yang masih normal tetap tidak mampu menyalakan mesin.

Begitu juga ketika Anda berupaya menyalakan motor dengan kick starter. Tiba-tiba saja kick starter terasa loss atau terasa ringan. Jadi mungkin Anda akan kebingungan apa yang sebenarnya terjadi?

Gejala itu memang merupakan tanda dari motor yang kehilangan kompresi. Perlu dicatat, kompresi motor yang tiba-tiba hilang tidak mutlak terjadi pada motor berusia tua saja.

Motor-motor skutik yang usia pakainya masih muda juga bisa saja kehilangan kompresi. Pasalnya kompresi hilang terjadi karena adanya empat penyebab yang bisa membuat motor kehilangan kompresi.



Penyebab Motor Hilang Kompresi, Jangan Bingung Ini Gejala dan Cara Mengatasinya


Jadi tidak hanya motor lama yang usia pakainya sudah sangat tinggi, motor baru juga bisa saja kehilangan kompresi. Nah, ke empat penyebab itu adalah valve (klep) yang terlalu rapat, kualitas bahan bakar kurang bagus, piston atau ring pistonnya lemah dan filter udara yang kotor.

Mesin motor yang ngempos bisa terjadi karena pengaturan klep kurang tepat, bisa terlalu rapat atau sebaliknya. Mengukur kerapatan klep juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaiknya, pilih bengkel yang memang punya kapasitas mengerjakan hal itu.

Ring piston yang sudah lemah atau tidak dapat bekerja secara optimal juga dapat menjadi faktor lainnya. Ring piston yang aus membuat bercampurnya udara dan bahan bakar selama kompresi. Ring piston yang aus juga bisa membuat oli di piston masuk ke ruang bakar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)