Honda Civic Baru Malaysia Lebih Bertenaga Dibanding Indonesia

Jum'at, 14 Januari 2022 - 09:51 WIB
loading...
Honda Civic Baru Malaysia Lebih Bertenaga Dibanding Indonesia
All New Honda Civic yang dijual di Indonesia diimpor utuh dari Thailand. Foto/DOK.HPM
MALAYSIA - Honda Malaysia akhirnya merilis model baru Honda Civic baru-baru ini. Uniknya meski sama, model baru yang dijual di Malaysia itu ustru lebih bertenaga dibanding Indonesia dan Thailand.

Di Malaysia sendiri Honda Civic dijual dalam tiga varian yakni E, dan RS. Ketiga varian itu justru sama-sama dilengkapi dengan mesin 4 silinder, 16 Valve DOHC VTEC Turbo dengan kapasitas silinder 1,498 cc. Mesin itu sama dengan Honda Civic RS yang dijual di Indonesia dan di Thailand.

Uniknya output mesin yang ada justru berbeda. Honda Civic baru di Malaysia memiliki tenaga maksimal 182 PS di kitiran 6.000 RPM dan torsi maksimal 240 Nm di kitiran 1.700-4.500 RPM. Sebaliknya Honda Civic RS di Indonesia dan Thailand justru hanya memiliki tenaga maksimal 178 PS dan torsi maksimal 240 Nm.

Selisih tenaga 4 PS tergolong lumayan jika memang harus dibandingkan. Lalu apa yang bikin Honda Civic baru di Malaysia berbeda?



Baca juga : Efek Crazy Rich, Giliran Porsche, Bugatti dan Lamborghini Cetak Rekor Penjualan

Honda Civic Baru Malaysia Lebih Bertenaga Dibanding Indonesia


Situs Wapcar dari Malaysia mengatakan perbedaan kemungkinan terjadi karena adanya regulasi emisi yang diterapkan di ketiga negara itu. Thailand menerapkan regulasi emisi yang sangat ketat.

Bagi yang berhasil memiliki spesifikasi emisi yang rendah maka akan mendapatkan insentif pajak dari pemerintah. Hal itulah yang membuat Thailand mempertahankan mesin Honda Civic 178 PS agar bisa menjaga harga mobil yang lebih kompetitif.

Hal yang sama kurang lebih terjadi di Indonesia. Saat ini pemerintah kita menerapkan insentif pajak karbon yang kurang lebih sama di Thailand. Jadi semakin rendah tingkat emisi yang dihasilkan maka insentifnya semakin besar. Jadi tidak heran Honda Civic RS di Indonesia sama spesifikasinya dengan di Thailand.
halaman ke-1
Berita Terkait
Polisi Malaysia Ini Dituduh Paksa Tersangka Wanita Lakukan Seks Oral
Volkswagen Baby Tiguan Siap Jadi Kejutan Buat Indonesia
17 TKI Ilegal dari Malaysia Tertangkap saat Menyeberang ke Asahan
Viral Makam Upin Ipin di Palu, Asal Usul Animasinya dari Indonesia atau Malaysia?
Kapal Terbalik di Malaysia, 6 WNI Diselamatkan dan 7 Masih Hilang
Viral Kisah Rohana, Anak TKW Dirawat Warga Malaysia Sejak Bayi
Polisi Gerebek 2 Penampungan TKI Ilegal di Sumut, 12 Pekerja Gagal Diberangkatkan ke Malaysia
Komentar Anda