Ini Alasan Mengapa Kotak P3K Harus Ada di Mobil Anda

Kamis, 20 Januari 2022 - 19:05 WIB
loading...
Ini Alasan Mengapa Kotak P3K Harus Ada di Mobil Anda
Kotak P3K penting karena jika terjadi kecelakaan, korban bisa ditangani dengan cepat. Foto: dok Alodokter
A A A
JAKARTA - Apakah di mobil Anda sudah ada kotak P3K ? Ternyata, menyediakan kotak P3K tidak hanya sangat penting. Tapi, juga seusai dengan peraturan pemerintah.

Fungsinya, tentu saja supaya jika terjadi kecelakaan bisa ditangani dengan cepat dan efektif. Hal ini akan membantu mengantisipasi kesakitan lebih lanjut sampai bantuan medis tiba.

Kenapa kotak P3K harus perlu dipersiapkan di dalam kendaraan? karena kecelakaan bisa terjadi di mana pun.



Sesuai aturan Pemerintah yang menetapkannya lewat Pasal 57 No 3 Huruf G, UU No 22 Tahun 2009.

Dalam pasal tersebut dijabarkan bahwa pengguna kendaraan harus memiliki perangkat pertolongan dalam kecelakaan di mobilnya.

Jadi, bukan hanya dongkrak dan kunci roda yang ada di mobil. Melainkan juga perangkat darurat yang bisa menyelamatkan nyawa korban kecelakaan ini pun harus disematkan di kabin.

Dilansir dari Verywel Family, Kamis (20/1), barang-barang P3K yang harus disimpan di mobil diantaranya perban perekat, salep antibiotik, bantalan kasa dan gulungan, ice pack dan bantalan pemanas.

Ini Alasan Mengapa Kotak P3K Harus Ada di Mobil Anda

Selain itu, juga sediakan semprotan penghilang rasa sakit, krim untuk mengobati luka bakar, belat kit, penolak serangga, kapas dan lap, termometer, gunting dan pinset, pembersih tangan, larutan garam untuk membersihkan luka.

Anda juga dapat mempertimbangkan membawa barang-barang penting lainnya seperti obat anti-mual, juga salinan resep untuk penyakit serius seperti asma dan jantung.

Lalu yang terakhir, memiliki salinan nomor kontak Rumah Sakit merupakan suatu keharusan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)