Simak, Ini Jarak Ideal untuk Ganti Oli Motor Matik

Kamis, 03 Februari 2022 - 17:28 WIB
loading...
Simak, Ini Jarak Ideal untuk Ganti Oli Motor Matik
Jarak ideal untuk ganti motor matik harus diketahui para pemilik skuter agar kendaraan Anda terjaga performanya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Jarak ideal untuk ganti oli motor matik harus diketahui para pemilik skuter agar kendaraan Anda terjaga performanya. Untuk yang masih bingung kapan waktunya mengganti oli motor matik, simak penjelasan di bawah ini.

Ganti oli merupakan suatu rutinitas yang harus dilakukan para pemilik kendaraan bermotor. Untuk pemilik sepeda motor matik, penggantian oli harus dilakukan tepat waktu karena bisa mempengaruhi komponen lainnya.

Kendati sudah ada di manual book saat membeli sepeda motor, tak sedikit mereka belum mengetahui kapan dan berapa jarak tempuh bila harus mengganti oli. Ada juga pemilik motor matik mengaku jarang mengganti oli karena motornya jarang digunakan.

BACA: Motor Matik Anda Bersuara Kasar, Ini Penyebabnya

Untuk mencegah pemahaman keliru mengenai kapan waktunya mengganti oli motor matik, berikut waktu dan jarak tempuh ideal untuk mengganti oli motor matik yang dikutip dari situs Suzuki:

1. Setiap 2.000 kilometer

Untuk motor matik , idealnya oli mesin harus diganti setiap sudah menempuh jarak 2.000 kilometer. Oli yang ada di dalam motor dan sudah digunakan untuk jarak tempuh 2.000 km tidak layak lagi dipakai karena bisa merusak komponen kendaraan.

Jangan sampai jarak tempuh motor Anda sudah melebihi 2.000 kilometer oli baru diganti dengan yang baru. Hal ini akan membahayakan motor Anda yang suatu saat tiba-tiba mati mendadak.

2. Setiap 2 Bulan Sekali

Sepeda motor yang jarang digunakan juga harus rutin mengganti oli motor matiknya. Misalnya setiap hari hanya dipakai sekitar 20 kilometer saja, usahakan tetap ganti oli setiap dua bulan sekali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2704 seconds (11.252#12.26)