Yuk Kenali Fungsi Airbag, Cara Kerja dan Tanda-tandanya Ketika Bermasalah

Kamis, 03 Februari 2022 - 22:02 WIB
loading...
Yuk Kenali Fungsi Airbag, Cara Kerja dan Tanda-tandanya Ketika Bermasalah
Airbag adalah salah satu fitrur keselamatan penting yang ada pada mobil sekarang ini. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Airbag adalah salah satu fitrur keselamatan penting yang ada pada mobil sekarang ini. Tak hanya di bagian dashboard, kini airbag juga dipasang di bagian sisi mobil untuk menahan benturan tabrak samping.

Saat ini, sudah banyak negara termasuk Indonesia yang menjadikan airbag sebagai standar regulasi pelindung diri untuk pengendara.

Komponen pelindung diri ini dihadirkan sebagai penunjang keselamatan bagi pengendara yang banyak berujung pada kecelakaan ringan maupun berat.

Meskipun beberapa alat transportasi darat telah dilengkapi seat belt, dengan adanya airbag maka kinerja fitur keselamatan pada mobil akan lebih efektif dan efesien.



1. Fungsi Airbag Pada Mobil

Dilansir dari laman resmi Suzuki, dalam implementasinya, airbag berperan sebagai pelindung organ vital pengendara yang terdiri dari kepala, leher, dan dada dari benturan.

Sementara, pada beberapa mobil fitur keselamatan ini telah dimaksimalkan sampai keseluruh bagian dalam mobil sehingga keselamatan pengendara semakin terjamin.

Tubuh yang hanya dilindungi oleh seatbelt saat terjadi kecelakaan berpotensi mengalami cedera parah pada bagian dada dan kepala.

Fungsi lain dari fitur pelindung keselamatan ini adalah untuk menghambat laju pengendara dan penumpang mobil dalam waktu beberapa detik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)