Awas Nyesel, Ini Kerugian Kalau Ganti Knalpot Pakai Racing

Selasa, 08 Februari 2022 - 13:06 WIB
loading...
Awas Nyesel, Ini Kerugian Kalau Ganti Knalpot Pakai Racing
Banyak pemilik kendaraan yang langsung mengganti knalpotnya dengan racing atau memboboknya agar bersuara mber. Foto/istockphoto
A A A
JAKARTA - Banyak pemilik kendaraan yang langsung mengganti knalpotnya dengan racing atau memboboknya agar bersuara mber. Padahal di balik itu semua, banyak kerugian yang diterima oleh pemilik kendaraan bermotor.

Pemilik sepeda motor biasanya mengganti knalpot dengan racing sehingga suaranya terdengar keras. Sedangkan pemilik mobil biasanya membobok knalpotnya agar bersuara mber.

Tapi jarang yang tahu jika knalpot racing dan mber ini ternyata dapat menimbulkan kerugian. Berikut 6 kerugian menggunakan knalpot mber, dilansir dari situs Auto2000, Selasa (7/2/2022):

1. Merusak Mesin

Mengganti knalpot dengan suara berisik dan tanpa hitungan ulang terhadap ruang bakar dapat berdampak berubahnya kinerja mesin. Jika tidak dikalkulasi dengan baik maka tenaga malah bisa drop dan berdampak kerusakan serius pada mesin. Kalau sudah begini, harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

BACA: Knalpot Slip-On Baru Akrapovic Buat Suzuki Hayabusa Lebih Bertenaga

2. Menghanguskan Garansi

Kerugian yang kedua yang bakal muncul adalah gugurnya garansi mesin. Pabrikan tentu tidak menerima klaim kerusakan yang diakibatkan oleh penggantian produk atau parts yang tidak memiliki jaminan (non-orusinal). Sayang dong kalau garansi gugur. Harusnya bebas biaya, eh kalian jadi perlu merogoh kocek lagi.

3. Meningkatkan Emisi Gas Buang

Penggantian knalpot dari bagian mufler tip hingga header artinya mengubah pengaturan bawaan pabrik terkait penahan emisi gas buang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2472 seconds (11.97#12.26)