Negara-negara Ini Jual Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Indonesia

Senin, 14 Februari 2022 - 20:17 WIB
loading...
Negara-negara Ini Jual Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Indonesia
Makau dan China adalah dua wilayah yang paling murah membeli mobil listrik seperti Tesla Model 3. Foto/Electreck
A A A
JAKARTA - Sebuah survei yang dilakukan Confused.com menyebutkan daftar-daftar negara yang menjual mobil listrik dengan harga yang terjangkau. Menariknya, dari 10 negara yang didatar itu sebesar 80 persen menjual mobil listrik lebih murah dibanding harga mobil listrik termurah di Indonesia.

Menariknya lagi sampel mobil listrik yang mereka jadikan patokan harga adalah Tesla Model 3. Sejatinya Tesla Model 3 memang merupakan mobil listrik entry level buatan perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk.

Harga normal Tesla Model 3 dari situs resmi Tesla adalah USD39.940 atau setara Rp570,43 juta. Di Indonesia harga Tesla Model 3 justru bisa naik dua kali lipat atau tembus Rp1 miliar.

Satu-satunya mobil listrik di Indonesia yang harganya setara dengan Tesla Model 3 adalah Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Kona Electric. Kedua mobil itu masing-masing dijual di harga Rp637 juta dan Rp697 juta.



Negara-negara Ini Jual Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Indonesia


Harga itu jelas lebih mahal dibanding daftar 10 negara yang bisa membeli mobil listrik dengan harga yang sangat terjangkau. Kesepuluh negara itu adalah Makau, China, Rumania, Jepang, Prancis, Norwegia, Swiss, Puerto Riko, Amerika Serikat dan Islandia.

Makau berada di tempat teratas karena harga Tesla Model 3 di wilayah khusus China Raya itu ada di angka USD40.382 atau setara Rp576,7 juta. Di tempat kedua adalah negara induk dari Makau yakni China. Di China orang bisa membeli Tesla Model 3 hanya dengan mengeluarkan uang sebesar USD41.653 atau mencapai Rp594,8 juta.

Macau dan China jadi wilayah yang paling murah menjual mobil listrik karena adanya kebijakan pro mobil listrik yang sangat tinggi. Sebelum berakhir di ujung tahun 2022 ini, pemerintah China masih memberikan subsidi sebesar 30 persen untuk pembeli mobil listrik.

Khusus untuk Tesla harganya juga semakin kompetitif karena saat ini Tesla memiliki dua pabrik di Shanghai dan Beijing. Jadi mereka bisa menekan harga Tesla jauh lebih murah dibanding wilayah lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)