8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Bisa Berakibat Fatal!

Kamis, 24 Februari 2022 - 17:55 WIB
loading...
8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Bisa Berakibat Fatal!
Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak bisa beragam, tapi harus cepat dibereskan karena berakibat fatal. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak bisa beragam. Ketika rem mobil Anda mengeluarkan suara yang tidak biasa, ini adalah peringatan bahwa salah satu sistem keselamatan paling kritis mobil Anda bermasalah.

Rem adalah salah satu sistem keselamatan terpenting mobil. Maka dari itu jangan mengabaikannya karena bisa berakibat fatal.

Terlebih lagi, saat terdengar bunyi mencicit yang berlebihan saat mengerem. Saatnya membawa ke bengkel agar mekanik memeriksa kendaraan Anda.

Bunyi rem yang konstan dapat menjadi tanda bahwa rem perlu dilumasi, atau dapat menjadi peringatan bahwa komponen sistem rem aus atau perlu diservis. Dilansir dari Auto2000 berikut ini penyebab rem mobil bunyi saat diinjak:

1. Kampas Rem Mobil Menipis
Rem mobil
yang berbunyi dapat dipicu oleh Kampas rem yang menipis. Seiring penggunaan mobil, tentu kampas rem akan menipis. Sebab, kampas rem akan bergesekan secara langsung dengan disk brake kendaraan. Sehingga daya pengereman kurang optimal dan menimbulkan bunyi.

Kampas rem adalah komponen yang bentuknya seperti bantalan. Fungsi kampas rem adalah memperlambat atau menghentikan piringan cakram yang berputar.

Hal yang harus dilakukan jika kampas rem mobil bunyi sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru agar masalah tidak menjalar ke komponen lainnya.

2. Penggunaan Kampas Rem yang Tidak Berkualitas
8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Bisa Berakibat Fatal!

Tak jarang terdapat pengguna mobil yang asal memilih kampas rem yang kurang berkualitas karena tergiur harga murah.

Tapi, dampaknya menimbulkan bunyi saat rem diinjak. Anda disarankan untuk cermat dalam memilih merek kampas rem yang beredar di pasaran. Sebaiknya pilih kampas rem asli di bengkel resmi.

3. Pedal Rem Kurang Pelumas
Pedal rem yang kekurangan pelumas tentu akan memicu rem mobil bunyi ketika diinjak. Oleh karena itu, engsel yang ada pada bagian rem harus rutin dilumasi agar rem mobil tidak berbunyi ketika sedang dikendarai. Sebaiknya juga rutin lakukan perawatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)