Ini Fungsi Alternator dan Komponen Utamanya

Jum'at, 04 Maret 2022 - 15:28 WIB
loading...
Ini Fungsi Alternator dan Komponen Utamanya
Alternator mengubah putaran yang dihasilkan mesin atau sumber mekanik menjadi energi listrik. Foto/caramesin
A A A
JAKARTA - Alternator berfungsi mengubah energi mekanik menjadi energi listrik (AC). Alternator mengubah putaran yang dihasilkan mesin atau sumber mekanik menjadi energi listrik.

Ada beberapa komponen untuk membangun alternator. Dikutip dari laman caramesin, ada 7 komponen alternator, yaitu Rotor, Stator, Alternator Shaft, Brush, Bearing, Alternator Fan, dan Rectifier

Namun, Rotor dan Stator merupakan dua komponen penting pada Alternator. Rotor dan Stator pada Alternator yang dipadukan dengan energi gerak dari mesin adalah kunci untuk menghasilkan listrik.



Rotor adalah kumparan yang terhubung dengan bagian poros mesin menggunakan belt atau sabuk karet. Ketika mesin bergerak, rotor pun ikut bergerak.

Sedangkan Stator adalah sebuah kumparan yang diam dan berada di luar Rotor. Ketika Rotor bergerak, terjadi perpotongan gaya elektromagnetik di sekitar Stator. Perpaduan rotor dan stator inilah yang menghasilkan arus listrik (AC).

Alternator dapat diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan, di antara berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, sumber listrik untuk komponen-komponen di dalam mobil, dan charge listrik aki (Accu).

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)