5 Tanda Shockbreaker Mobil Rusak dan Minta Diganti

Senin, 07 Maret 2022 - 18:19 WIB
loading...
5 Tanda Shockbreaker Mobil Rusak dan Minta Diganti
Shockbreaker mobil rusak bisa dirasakan pengendara ketika melintasi jalan keriting atau jalan rusak. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Shockbreaker mobil rusak bisa dirasakan pengendara ketika melintasi jalan keriting atau jalan rusak. Tak hanya di jalan keriting, shockbreaker mobil rusak juga bisa dirasakan ketika kendaraan sedang berbelok.

Shockbreaker mobil merupakan komponen yang berfungsi untuk menyerap getaran atau guncangan berlebih yang ditimbulkan oleh spring agar tidak terjadi efek rolling. Secara teknis, shockbreaker bekerja menggunakan sistem hidrolik untuk mengurangi efek getaran pada bodi mobil.

Pada kondisi normal, shockbreaker kendaraan bisa bertahan hingga 5 tahun. Namun, apabila melewati jalanan rusak atau tidak mulus, komponen mobil ini hanya bisa bertahan hingga 3 tahun.



Lalu apa saja tanda-tanda shockbreaker rusak dan perlu diganti, berikut ulasanya yang dilansir dari Tyreplus:

1. Ayunan Berlebihan

Mobil yang terasa lembut dan mengurangi rasa percaya diri saat mengemudi, khususnya saat menikung merupakan pertanda shockbreaker mobil perlu diganti. Apalagi ketika melewati jalan bergelombang atau berlubang, mobil berayun ke kiri dan kanan hingga butuh waktu lebih lama untuk kembali stabil.

2. Suara Berisik

Pertanda shockbreaker mobil harus diganti selanjutnya adalah adanya suara berisik dari suspensi belakang. Hal ini umumnya menjadi patokan umum pengendara dalam menilai mati atau tidaknya shockbreaker mobil.

3. Level Mobil Tidak Seimbang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)