Ini Komponen dan Cara Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil Biar Nyaman Dikendarai

Sabtu, 12 Maret 2022 - 20:17 WIB
loading...
Ini Komponen dan Cara Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil Biar Nyaman Dikendarai
Cara cek kaki-kaki mobil bisa dirasakan ketika dikendarai melewati jalan keriting atau jalan rusak. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara cek kaki-kaki mobil bisa dirasakan ketika dikendarai melewati jalan keriting atau jalan rusak. Biasanya kaki-kaki mobil yang rusak akan mengeluarkan suara jeduk dan suspensi mobil juga sudah tidak empuk lagi.

Kaki-kaki mobil adalah komponen penting yang harus mendapat perawatan karena ini berkaitan dengan roda dan kemudi. Jika sedikit saja mengalami masalah maka bisa berbahaya karena akan memengaruhi kemudi.

Ada beberapa komponen kaki-kaki mobil yang harus mendapat perawatan berkala agar nyaman saat dikendarai. Bagian ini harus rutin diperiksa karena jika rusak bisa merembet ke bagian lain.

Berikut komponen dan cara cek kerusakan kaki-kaki mobil yang dikutip dari situs resmi Suzuki:

1. Suspensi

Ini adalah salah satu bagian penting pada kaki-kaki mobil yang berfungsi meredam guncangan ketika melewati jalan berlubang, tanjakan, atau kondisi jalan tidak rata. Suspensi terbuat dari baja tahan karat tetapi biar bagaimanapun komponen ini memiliki masa pakai.



Untuk mengetahui kerusakan pada suspensi, coba pacu kendaran pada kecepatan tinggi. Jika ada suara bising saat mobil dipacu berarti sudah saatnya suspensi diganti dengan yang baru.

Begitu juga jika terasa limbung ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil.

2. Bearing
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2250 seconds (0.1#10.140)