Bus Tingkat Listrik Ini Berhasil Cetak Sejarah Tempuh Jarak 4.023 Kilometer

Minggu, 13 Maret 2022 - 14:00 WIB
loading...
Bus Tingkat Listrik Ini Berhasil Cetak Sejarah Tempuh Jarak 4.023 Kilometer
Bus tingkat listrik an Hool TDX25E bisa mencapai top speed 114 kilometer per jam. Foto/Autoevolution
A A A
CALIFORNIA - Bus tingkat listrik buatan ABC Companies, Van Hool TDX25E, berhasil mencetak sejarah karena berhasil menempuh jarak 4.023 kilometer. Hebatnya pengisian ulang baterai dilakukan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Perjalanan 4.023 kilometer itu pertama kali dilakukan di kantor pusat ABC Companies, di Florida, Amerika Serikat. Perjalanan berakhir di Costa Mesa, California, dengan menghabiskan waktu selama 6 hari.

Dalam perjalanan itu Van Hool TDX25E melewati kondisi jalan yang berbeda. Selain itu kondisi cuaca juga sangat variatif dan menguji kemampuan jarak tempuh baterai. Disebutkan Autoevolution temperatur saat perjalanan ditempuh rata-rata ada di 4 derajat celcius dan 16 derajat celcius.



Bus Tingkat Listrik Ini Berhasil Cetak Sejarah Tempuh Jarak 4.023 Kilometer


Menariknya selama 6 hari berjalan, Van Hool TDX25E tidak diizinkan mengisi baterai di fasilitas khusus tempat pengisian baterai. Alih-alih bus tingkat listrik buatan Amerika Serikat itu harus memanfaatkan SPKLU yang ada di sepanjang perjalanan.

Dari segi spesifikasi Van Hool TDX25E dilengkapi dengan baterai kapasitas 676 kWh. Daya sebesar itu bisa dimanfaatkan untuk mencapai jarak tempuh 418 kilometer. Untuk pengisian normal, baterai bisa terisi penuh dalam waktu 3,5 jam asal diisi dengan daya berkekuatan 147 kWh.



Bus Tingkat Listrik Ini Berhasil Cetak Sejarah Tempuh Jarak 4.023 Kilometer


Kemampuan jarak tempuh dan baterai berkekuatan besar yang ada di Van Hool TDX25E memang jadi jualan ABC Companies. Dari situlah mereka berupaya melakukan petualangan jarak jauh hingga ribuan kilometer.

ABC Companies mengklaim saat ini Van Hool TDX25E adalah kendaraan listrik terbesar yang saat ini bisa beroperasi di jalan. Bus tingkat listrik itu mampu mencapai top speed hingga 114 kilometer per jam. Saat berjalan dari Florida ke California, rata-rata kecepatan tertinggi yang dicapai Van Hool TDX25E ada di angka 96,5 kilometer per jam.

ABC mengatakan saatini bus tingkat listrik buatan merekatu sudah bisa dibeli oleh perusahaan otobus yang tertarik dengan bus listrik.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2540 seconds (0.1#10.140)