Kapan Waktu Ideal Ganti Wiper Mobil? Ini Tanda-tandanya!

Jum'at, 18 Maret 2022 - 21:07 WIB
loading...
Kapan Waktu Ideal Ganti Wiper Mobil? Ini Tanda-tandanya!
Waktu ideal kapan ganti wiper mobil sering ditanyakan oleh mereka yang baru saja memiliki mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Waktu ideal kapan ganti wiper mobil sering ditanyakan oleh mereka yang baru saja memiliki mobil. Maklum saja, meski jarang digunakan namun wiper sangat penting ketika musim hujan untuk menunjang visibilitas pengendara.

Seperti diketahui, usia pakai wiper mobil rata-rata antara 6-12 bulan. Ketika sudah memasuki usia pakai ini, karet wiper akan mulai berkurang performanya.

Agar wiper tidak merusak kaca mobil, ada baiknya rajin memeriksa kondisi karenanya apa sudah getas atau ada yang robek.

Karena jika kondisi tersebut dibiarkan, akan membuat kaca tergores dan perlu biaya tambahan untuk memoles kaca kembali bening. Berikut tanda-tanda wiper mobil harus diganti:



1. Streaking

Lakukan pemeriksaan pada karet wiper untuk melihat kondisinya apakah masih bagus. Karena paparan sinar ultraviolet matahari, getah pohon atau bahkan aspal jalan dan pasir jalan dapat menyebabkan streaking atau goresan pada wiper.

2. Skipping

Ini terjadi ketika bilah karet wiper sudah aus dan tidak bisa menyapu kotoran dengan baik. Ketka wiper bergerak, karetnya sudah tidak bisa membersihkan dengan sempurna sehingga terlihat noda air di kaca depan yang mengakibatkan keruh dan gangguan jarak pandang.

3. Squeaking
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2574 seconds (0.1#10.140)