Mobil Mewah Mercedes di Masa Depan Dibuat dari Sampah dan Tanaman

Minggu, 20 Maret 2022 - 08:36 WIB
loading...
Mobil Mewah Mercedes di Masa Depan Dibuat dari Sampah dan Tanaman
Pada 2039, sebanyak 40 persen material yang ada di mobil mewah Mercedes-Benz terbuat dari sampah dan tanaman. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mercedes-Benz menggunakan material-material yang mengejutkan untuk mobil mewah masa depan mereka. Beberapa di antaranya adalah sampah dan tanaman. Penggunaan material itu merupakan langkah Mercedes-Benz untuk menciptakan produk-produk ramah lingkungan.

Disebutkan Carbuzz, pada 2039 Mercedes-Benz berupaya mewujudkan keinginan seluruh mobil-mobil buatan mereka karbon netral. Tidak hanya dari emisi tapi juga jejak karbon yang terjadi saat mobil itu diproduksi.

Dari situlah mereka berupaya menargetkan setidaknya 40 persen material yang ada di mobil mereka adalah bahan-bahan yang bisa didaur ulang. Beberapa di antaranya adalah sampah-sampah produk baja dan besi, sampah lingkungan, hingga tanaman. Salah satunya adalah kaktus.

Baca juga : Catat, Pengemudi Mobil SUV Paling Rentan Nabrak Pejalan Kaki

Mobil Mewah Mercedes di Masa Depan Dibuat dari Sampah dan Tanaman


"Saat ini sebenarnya mobil-mobil buatan kami sudah mengandung sejumlah besar bahan daur ulang. Dalam 10 tahun ke depan, kami akan meningkatkannya hingga 40%,” kata Markus Schafer, CTO Mercedes-Benz untuk pengembangan dan pengadaan Markus Schäfer.

Melalui rekayasa teknologi, kaktus yang sejatinya adalah tumbuhan berduri diubah menjadi material kulit berkualitas premium. Nantinya jok-jok kulit di mobil Mercedes-Benz merupakan transformasi dari kaktus.

Baca juga : Ledek Metaverse, Produsen Minuman Alkohol Luncurkan Bir Virtual

Tidak hanya kaktus, bahan-bahan lain yang cukup mengejutkan di antaranya adalah jaring ikan hingga sampah baja dan aluminium. Jaring ikan atau jala bekas yang diolah khusus nantinya akan didaur ulang untuk membuat karpet mobil. Begitu juga dengan sampah baja dan aluminium yang akan dijadikan komponen-komponen aluminium yang ada di mobil baru Mercedes-Benz.

Penggunaan sampah baja dan aluminium justru jadi hal yang istimewa buat perusahaan mobil Jerman itu. Pasalnya mereka merupakan produsen mobil pertama yang menjadikan sampah-sampah baja dan aluminium dalam proses pembuatan mobil.

Sampah-sampah baja dan aluminium yang mereka gunakan didapat dari sisa-sisa produksi perusahaan baja dan aluminium terbesar di Amerika, River Steel.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1387 seconds (11.210#12.26)