Uji Tabrak Toyota All New Avanza Veloz, ASEAN NCAP Beri Bintang 5

Rabu, 23 Maret 2022 - 16:41 WIB
loading...
Uji Tabrak Toyota All New Avanza Veloz, ASEAN NCAP Beri Bintang 5
ASEAN NCAP Beri Bintang 5 All New Avanza Veloz. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Badan pemantau keselamatan kendaraan baru di ASEAN, ASEAN NCAP merilis hasil resmi uji tabrakan dan keamanan untuk produk terbaru Toyota All New Avanza Veloz. Keputusan ini berlaku untuk Veloz yang dijual di Indonesia, Filipina, Vietnam dan Brunei.

Seperti dilansir dari situs resmi ASEAN NCAP, model ini mendapat skor penuh 80% dari 4 elemen utama pengujian, yaitu perlindungan penumpang dewasa (AOP), perlindungan penumpang anak (COP), bantuan keselamatan dan keselamatan sepeda motor.



Veloz mendapat skor 34,88/40 untuk perlindungan penumpang dewasa, 17,17/20 untuk perlindungan anak, 16,03/20 untuk bantuan teknologi keselamatan dan juga 11,92/20 untuk Keselamatan Sepeda Motor. Skor 80% ini membuat Toyota Veloz mendapat peringkat skor uji tabrak bintang 5.

Tetapi untuk skor Keselamatan Sepeda Motor atau keselamatan pengendara sepeda motor, kami akan melihat bahwa Veloz hanya mendapat 11,92 dari skor 20% penuh.

Hal ini dikarenakan Veloz yang diuji saat ini tidak memasang sistem Advanced Rear Visualization seperti kamera 360 derajat untuk membantu kendaraan melakukan back up dengan aman (2 poin) untuk varian yang diuji.

Toyota Veloz juga tidak menawarkan fitur menarik pada aspek Advanced Motorcyclist Safety Technology sehingga kehilangan tambahan skor 2 poin. Misalnya, Honda Civic yang baru-baru ini diuji menawarkan rem darurat otomatis AEB yang dapat mendeteksi sepeda motor, sehingga Civic mendapatkan 2 poin tambahan.

Fitur Auto High Beam yang dapat mendeteksi sepeda motor dalam gelap, terutama pada malam hari, juga dipasang di Veloz, namun tes menunjukkan bahwa Veloz hanya mendapat 0,87 poin dari skor penuh 2 poin. Semua ini menjelaskan mengapa Veloz mendapat 11,92 untuk Keselamatan Sepeda Motor

Toyota Veloz di Indonesia ditawarkan dengan Pre-Collision Brake and Warning, Front Departure Alert, Pedal Misoperation, Lane Departure Warning & Prevention, Rear lane warning system, blind spot warning, 6 airbag, ESC, Kamera 360 derajat (model tertinggi) dan 2 Poin ISOFIX

Dalam pengujian di ASEAN NCAP, Veloz yang digunakan dalam uji tabrakan adalah Veloz dengan varian terendah tanpa side airbag dan curtain airbag. Untuk pengujian sistem keamanan tingkat lanjut, pengujian dilakukan dengan varian TSS (Toyota Safety Sense)
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)