Penyebab Mobil Bergetar dan Cara Mengatasi

Minggu, 27 Maret 2022 - 14:31 WIB
loading...
Penyebab Mobil Bergetar dan Cara Mengatasi
Perawatan mobil bergetar. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Beragam masalah bisa dijumpai para pemilik mobil. Salah satunya adalah mobil bergetar yang tentunya membuat berkendara tidak nyaman.

Masalah ini berbeda dari getaran akibat jalanan bergelombang atau karena berlubang. Getaran terjadi karena masalah pada bagian komponen tertentu.


Mobil bergetar biasanya bukan hanya karena mesin, tetapi bisa pada beberapa komponen lainnya. Nah apa saja penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Berikut paparannya, seperti dilansir dari berbagai sumber pada Minggu (27/3/2022).

1. Masalah pada ban

Ban yang mengalami masalah dapat menjadi pemicu utama terjadinya getaran pada mobil. Kerusakan ban, seperti benjolan tentu akan membuat perjalanan tidak nyaman.

Selain ban benjol, ban yang sudah aus juga memicu timbulnya getaran saat menyetir. Karena ban tidak mampu lagi untuk menahan bobot mobil, terutama saat pengereman.

Solusinya adalah dengan segera ganti ban dengan yang baru. Dengan begitu, mengemudi akan jadi lebih nyaman dan pastinya juga aman.

2. Kampas kopling habis

Kehabisan kampas kopling akan membuat mobil lebih mudah bergetar. Ini disebabkan karena permukaan flywheel yang tidak rata kemudian berdampak langsung pada kinerja kopling mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6745 seconds (0.1#10.140)