Kenali 4 Penyebab Motor Brebet di RPM Rendah!

Senin, 28 Maret 2022 - 18:35 WIB
loading...
Kenali 4 Penyebab Motor Brebet di RPM Rendah!
Penyebab motor brebet di rpm rendah ada beragam. Mulai dari penggunaan BBM, fuel pump, hingga busi motor. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyebab motor brebet di rpm rendah. Motor brebet adalah kondisi yang muncul saat motor berjalan dalam keadaan tersendat sendat saat pengguna memutar gas lebih dalam. Dalam keadaan yang lebih parah, mesin motor bahkan mati.

Pada dasarnya, hampir sebagian pengendara pernah mengalami berbagai masalah pada kendaraan yang dimilikinya. Salah satu contoh masalah yang kerap dialami adalah kondisi motor brebet pada RPM rendah.

Motor brebet di rpm rendah akan mengganggu kenyamanan pengendara. Maka, sebisa mungkin Anda sebagai pemilik kendaraan harus meminimalisir kemungkinan terjadinya motor brebet pada kendaraan Anda.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengetahui penyebab-penyebab yang membuat motor brebet di rpm rendah. Berikut rinciannya:

1. Adanya Masalah pada Busi Motor
Penyebab pertama motor brebet di rpm rendah adalah masalah pada komponen busi. Komponen busi motor merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki motor dan memiliki masa pemakaian tertentu.

Jadi, sebagai pemilik kendaraan, Anda harus memeriksanya secara berkala. Sebab, busi motor yang rusak atau melemah akan menjadikan proses pembakaran pada mesin terhambat. Sehingga motor menjadi sulit menyala. Selain itu, bisa juga berakibat pada kondisi motor brebet pada rpm rendah.

2. Setelan Karburator Salah
Penyebab motor brebet di rpm rendah berikutnya adalah kesalahan penyetelan karburator. Dalam fungsinya, karburator ini berguna untuk mengatur kontrol tinggi atau rendahnya rpm mesin.

Berdasarkan fungsinya tersebut, kesalahan penyetelan pada karburator bisa berakibat pada motor brebet. Jadi, sebisa mungkin pastikan setelan karburator motor Anda sudah tepat, karena kesalahan pada penyetelan bisa berakibat motor menjadi brebet.

3. Salah Memilih Bahan Bakar
Penyebab motor brebet di rpm rendah selanjutnya adalah kesalahan pemilihan bahan bakar. Umumnya, motor yang dikeluarkan pabrik pasti memiliki standar atau rekomendasi terbaik untuk bahan bakar yang digunakan.

Pabrik dalam hal ini, sudah menyesuaikan jenis bahan bakar yang sesuai dengan mesin pada motor buatannya. Namun, pada praktiknya banyak pengendara yang enggan memeriksa terlebih dahulu buku panduan untuk mengetahui jenis bahan bakar yang cocok untuk motornya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)