Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah

Selasa, 29 Maret 2022 - 16:00 WIB
loading...
Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah
Cara merawat knalpot motor perlu dipahami dengan baik agar lebih kondisi motor tetap terjaga. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara merawat knalpot motor dengan tujuh langkah mudah bakal bikin performa dan kualitas knalpot jadi lebih prima dan terjaga. Pasalnya knalpot motor bukanlah komponen biasa semata pada kendaraan.

Fungsi knalpot justru sangat penting buat semua jenis kendaraan termasuk sepeda motor. Knalpot dipasang untuk untuk meredam suara mesin. Proses pembakaran di ruang mesin menimbulkan suara bising.

Agar lebih nyaman saat digunakan, knalpot bisa membantu meredam suara bising saat proses pembakaran berlangsung, makanya keberadaan knalpot di sepeda motor ini jadi sangat penting.

Knalpot juga bertugas untuk mengontrol polusi yang dikeluarkan dari sisa pembakaran mesin. Di dalam knalpot, ada teknologi catalityc converter yang bisa membantu mengurangi polusi.

Terakhir, knalpot juga bisa membantu meningkatkan tenaga di mesin. Dengan desain, bahan, dan perhitungan yang tepat, knalpot bisa membantu menambah tenaga mesin.



Jadi perawatan knalpot memang mutlak dilakukan agar performa dan kondisi sepeda motor tetap terjaga. Nah, berikut ini 7 langkah mudah merawat knalpot sepeda motor, yuk cermati:

Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah


1. Membersihkan Knalpot Setelah Hujan

Air hujan yang merembes ke sepeda motor dapat menimbulkan kerak pada knalpot sepeda motor. Karena kandungan asam dalam air hujan yang relatif tinggi akibat udara yang tercemar, maka sangat penting untuk membersihkan pipa knalpot sepeda motor setelah berkendara di musim hujan.

Knalpot yang tidak bersih menyebabkan kerak, dan kerak ini menebal seiring waktu, sehingga menyebabkan karat. Anda bisa mencegahnya dengan menyiram knalpot setelah terkena air bersih dari genangan air atau hujan.

Pipa knalpot sepeda motor dapat dirawat secara maksimal setelah terkena air hujan dengan membilas pipa knalpot dengan air bersih kemudian dikeringkan. Anda kemudian dapat menyemprotkan cairan anti korosi untuk mencegah korosi pada knalpot.

Jika knalpot memiliki penutup yang tebal, Anda dapat membersihkan knalpot dengan membilasnya.

2. Memanaskan Mesin Secukupnya

Perawatan knalpot lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanaskan mesin secukupnya saja. Pemanasan mesin motor dapat mengoptimalkannya.

Cara ini relatif efektif bila digunakan pada sepeda motor 4 tak dimana knalpot kendaraan tidak cepat menguning atau berkarat karena panas dari mesin.

Memanaskan mesin dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada mesin. Beberapa hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin lama waktu pemanasan mesin, semakin kuning knalpotnya. Anda bisa mencegahnya dengan memanaskan mesin secukupnya.

3. Mengecek Bahan Pembuatan Knalpot

Knalpot terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada knalpot yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkannya bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menyebabkan terjadinya goresan. Jika pada knalpot Anda yang berbahan chrome terdapat noda membandel, bersihkan dengan menggunakan oli bekas. Pastikan oli bekas yang Anda gunakan masih baik, agar hasilnya optimal.

Cara Merawat Knalpot Motor dengan 7 Langkah Mudah


4. Membersihkan Lubang Buang

Cara merawat knalpot motor selanjutnya adalah membersihkan lubang buang pada silencer. Membersihkan lubang silencer dapat dilakukan dengan memakai oli dan mengoleskan secukupnya.

Cara ini dapat dilakukan secara rutin setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer.

5. Mengoleskan Oli pada Leher Knalpot

Mengoleskan oli merupakan salah satu cara untuk merawat knalpot yang cukup efektif. Caranya oleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata. Langkah ini dapat Anda lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan. Kalau oli sudah selesai Anda oleskan pada leher knalpot, selanjutnya hidupkan mesin motor selama dua menit.

Anda disarankan untuk rutin melakukan hal ini. Anda juga bisa membersihkannya jika kerak atau korosi pada leher knalpot sudah membandel.

6. Membersihkan Korosi

Korosi pada knalpot harus segera dibersihkan. Cara membersihkannya relatif mudah, Anda bisa memakai sikat yang masih bagus dan kuat. Kemudian oleskan detergen pada bagian knalpot yang berkarat.

Sikat kuat-kuat bagian tersebut sampai bersih dan bagian yang berkarat hilang kemudian bilas dengan air bersih.

7. Menggunakan Cairan Pembersih

Anda bisa membersihkan knalpot dengan menggunakan cairan porstex, untuk menghilangkan korosi serta karat dengan mudah. Membersihkan knalpot dengan cairan ini memang sangat efektif, namun Anda harus tetap berhati-hati. Penyebabnya, cairan ini bisa membuat warna blok mesin yang terkena cairan akan langsung luntur.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2698 seconds (0.1#10.140)