Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Jawabannya

Rabu, 30 Maret 2022 - 20:08 WIB
loading...
Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Jawabannya
Apa kegunaan oli shock absorber masih belum banyak yang mengetahuinya padahal komponen ini sangat penting di mobl Anda. Foto/Toyota Astra
A A A
JAKARTA - Apa kegunaan oli shock absorber masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal, oli shock absorber ini sangat membantu suspensi kendaraan sehingga pengemudi maupun penumpang tidak merasakan guncangan ketika melewati jalan keriting atau rusak.

Shockbreaker atau absorber sendiri adalah komponen penting pada suspensi mobil yang membutuhkan pelumas atau oli agar bisa berfungsi secara normal. Bagian ini selalu bekerja di saat kendaraan sedang bergerak maupun diam dan baru berhenti bekerja saat mobil diperbaiki atau diangkat saat akan mencuci mobil.

Mengutip situs resmi Suzuki, Rabu (30/3/2022), ada banyak kegunaan oli shock absorber, salah satu yang dikenal yaitu memiliki fungsi untuk mengayun suspensi kendaraan saat melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang.



Kondisi ini akibat bantuan per atau pegas berupa koil yang bisa mengurangi efek benturan. Jadi fungsi utama oli yang ada di dalam absorber adalah melumasi komponen tersebut agar pengendara nyaman dan lancar dalam mengemudi.

Selain itu, jawaban apa kegunaan oli shock absorber lainnya adalah mengoptimalkan kinerja rem mobil. Oli yang bergerak dalam shock absorber berfungsi mengendalikan pergerakan mobil agar tidak terpental atau terasa bergeronjal. Oli shock absorber ini juga bisa memastikan ban agar selalu bersentuhan dengan permukaan jalan.



Jawaban tereakhir dari pertanyaan apa kegunaan oli shock absorber yaitu meningkatkan respons penanganan kemudi atau setir. Sebab suspensi yang bergerak secara tidak langsung terjadi akibat setir yang dikendalikan.

Artinya bila suspensi tersebut berfungsi baik, kemudi juga bisa mudah diarahkan dengan tepat. Itulah jawaban dari pertanyaan apa kegunaan oli shock absorber. Semoga bermanfaat!
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)