Apa itu Towing Mobil, Yuk Ketahui Bedanya dengan Mobil Derek!

Senin, 04 April 2022 - 13:39 WIB
loading...
Apa itu Towing Mobil, Yuk Ketahui Bedanya dengan Mobil Derek!
Towing mobil adalah salah satu alat angkut yang digunakan bengkel untuk membawa mobil untuk dikirim ke pelanggan. Foto/Carmudi
A A A
JAKARTA - Towing mobil adalah salah satu alat angkut yang digunakan bengkel untuk membawa mobil yang mogok untuk diperbaiki atau dikirim ke pelanggan. Towing mobil berbeda dengan mobil derek, terutama dari caranya membawa mobil.

Bagi yang baru saja mendalami dunia otomotif harus tahu pengertian apa itu Towing mobil. Masih banyak masyarakat yang salah kaprah terkait towing mobil yang disebut dengan mobil derek.

Istilah mobil derek sendiri tidak selamanya digunakan, karena beberapa justru merupakan kegiatan towing.Towing adalah proses mengangkut mobil namun caranya berbeda dengan mobil derek.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, towing mobil adalah proses pengangkutan kendaraan yang menggunakan truk. Pada umumnya, towing adalah kendaraan yang mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya.



Pengangkutan dilakukan untuk pengiriman mobil jarak jauh maupun dekat sesuai dengan permintaan pengirim. Biaya untuk mengangkut mobil dengan towing ini relatif mahal namun lebih cepat dan mobil dapat dikirim siapa saja sesuai dengan permintaan.

Siapa pun bisa menghubungi jasa towing untuk bisa mengirimkan mobilnya. Kondisi seperti pada saat banjir sehingga mobil tidak mampu melintasi area tertentu atau ketika Anda ingin mudik.

Sejumlah syarat mudah berupa STNK serta BPKB dibutuhkan untuk proses pengiriman. Terkait biaya biasanya menentukan jarak pengiriman, semakin jauh tentu harganya lebih mahal.

Mobil akan diangkat ke atas truk dengan dua macam cara sesuai dengan jenis truk.Pertama adalah dengan cara teknik towing gendong, di mana mobil akan diangkut seperti biasa di bagian bak truk. Teknik kedua adalah towing hidrolik yaitu pengangkutan di mana bak belakang truk akan diturunkan sejajar dengan jalan.

Nantinya mobil akan diangkut dengan bak truk tersebut. Biasanya teknik yang kedua ini banyak diimplementasikan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)