Ciri Injektor Diesel Rusak, dari Asap Tebal hingga Tenaga Berkurang

Senin, 14 Maret 2022 - 13:13 WIB
loading...
Ciri Injektor Diesel Rusak, dari Asap Tebal hingga Tenaga Berkurang
Ciri injektor diesel rusak bisa diketahui secara kasat mata melalui asap hitam yang keluar dari knalpot. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ciri injektor diesel rusak bisa diketahui secara kasat mata melalui asap hitam yang keluar dari knalpot. Tak hanya itu, ada beberapa tanda-tanda lainnya yang mudah diketahui jika injektor mesin mobil diesel Anda rusak.

Injektor adalah salah satu komponen utama dalam sistem bahan bakar diesel. Injektor berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar dari injection pumpke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak atau piston mendekati posisi TMA atau titik mati atas.

Salah satu penyebab injektor mesin diesel rusak karena kebiasaan mengisi bahan bakar dengan kualitas rendah. Sebab tidak sedikit pengguna kendaraan hanya mementingkan harga bahan bakar yang murah ketimbang peruntuannya.



Padahal bahan bakar diesel yang berkualitas rendah mengandung sulfur tinggi dan partikel kotoran yang banyak serta ukurannya cukup besar.

Sangat mudah untuk mengetahui gejala injektor rusak. Berikut gejalan injektor diesel rusak yang dirangkum dari pertaminafuels :

1. Timbulkan Asap Hitam Tebal

Asap knalpot akan berkelir hitam tebal bilaman kondisi injektor diesel rusak atau sudah mulai aur. Sehingga membuat pemakaian solar menjadi lebih cepat habis.



2. Adanya Kerusakan Setelah Dilakukan Pengetesan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)