Toyota Yakin Kijang Listrik Bisa Diterima seperti Mesin Bensin

Selasa, 05 April 2022 - 04:34 WIB
loading...
Toyota Yakin Kijang Listrik Bisa Diterima seperti Mesin Bensin
Toyota Kijang Innova EV Concept hadir di IIMS Hybrid 2022. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Toyota Kijang Innova EV Concept turut meramaikan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bahkan, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto turut menjajal mobil listrik konsep tersebut usai membuka secara resmi IIMS Hybrid, Kamis (31/3/2022).



Toyota Kijang Innova EV Concept sendiri diklaim sebagai mobil listrik yang ramah lingkungan. Meskipun mengusung konsep yang berbeda dengan versi konvensional, secara desain keduanya masih tampak sama.

“Meski sudah siap dikendarari, penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept baru untuk kepentingan studi dan sosialisasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto seusai melakukan test drive Toyota Kijang Innova EV Concept .

Bagian wajah, badan, dan belakang Toyota Kijang Innova EV Concept masih mirip dengan Toyota Kijang Innova versi konvensional. Perbedaan hanya terletak di sentuhan list biru yang melintang di badan mobil.

Perbedaan yang paling mencolok antara Toyota Kijang Innova EV Concept dengan Toyota Kijang Innova mesin konvensional terletak pada ketiadaan knalpot di bagian belakang yang memang menjadi ciri mobil listrik.

Selain itu, Grill bagian depan Toyota Kijang Innova EC Concept menjadi lebih simpel dan sama sekali tidak membutuhkan kisi-kisi saluran udara karena memang tidak lagi mengusung mesin konvensional 4 silinder dengan kapasitas 2,0 liter.

Sayangnya belum banyak diketahui spesifikasi dapur pacu mobil Toyota Kijang Innova EV Concept ini. Dan sampai diluncurkan serta dijajal oleh Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, pihak Toyota masih belum mau membeberkan jadwal peluncurannya.

Secara resmi Toyota Kijang, memang tidak dicatatkan sebagai mobil nasional, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa selain dekat di hati masyarakat dan mobil ini mempunyai tingkat penggunaan komponen lokal tertinggi, mencapai 83%.

Tidak hanya sebatas itu, Toyota Kijang boleh dikatakan sebagai satu-satunya model brand nasional yang sanggup bertahan dan terus berkembang di antara berbagai model yang diproduksi sejumlah pelaku industri otomotif nasional di era akhir 1970-an.

Meneruskan perjalanan sejarahnya, melalui kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept ini Toyota Indonesia kembali ingin membuktikan komitmennya untuk selalu mendukung kebijakan Pemerintah dalam pengembangan dan kemajuan industri otomotif nasional.

Seperti diketahui, melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan. Ini diselenggarakan melalui percepatan pengembangan industri KBLBB dalam negeri.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)