Sering Disalahartikan, Ini Perbedaan Modifikasi dan Custom pada Kendaraan

Rabu, 06 April 2022 - 17:21 WIB
loading...
Sering Disalahartikan, Ini Perbedaan Modifikasi dan Custom pada Kendaraan
Modifikasi dan custom memiliki beberapa perbedaan mendasar yang menjadikan kedua istilah tersebut berbeda satu sama lainnya. Foto/Suzuki
A A A
JAKARTA - Sebagian orang tidak mengetahui perbedaan modifikasi dan custom pada kendaraan. Biasanya, orang akan beranggapan bahwa kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama.

Namun, itu adalah anggapan yang salah, karena modifikasi dan custom memiliki beberapa perbedaan mendasar yang menjadikan kedua istilah tersebut berbeda satu sama lainnya.

Dilansir situs Suzuki, secara garis besar pengertian custom dan modifikasi memiliki arti mengubah motor dari versi pabrik. Namun, ketika sudah berbicara lebih jauh lagi terhadap prakteknya, keduanya sudah memiliki arti yang berbeda.



Modifikasi menurut KBBI memiliki arti Pengubahan. Dalam hal ini, modifikasi bisa diartikan sebagai bentuk pengubahan pada kendaraan dari kondisi semula atau versi pabrik menjadi kondisi yang berbeda dari aslinya.

Berbeda dengan custom, modifikasi adalah pengubahan pada kendaraan dengan menggunakan barang jadi. Maksudnya adalah modifikasi ini dilakukan dengan mengganti beberapa komponen yang ada di motor. Dan komponen tersebut bisa dibeli dari aftermarket.

Sedangkan Custom merupakan pengubahan yang disesuaikan dengan pesanan tertentu. Custom ini disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan. Dalam hal ini, berbeda dengan modifikasi, custom mengubah kendaraan dengan penyesuaian imajinasi dari pengguna kendaraan tersebut.

Selain itu, custom juga menggunakan model kerangka sendiri, sehingga mengacu pada perubahan spek kendaraan. Lantas, apa saja perbedaan modifikasi dan custom pada kendaraan?



Perbedaan yang pertama adalah tingkat perubahan yang lebih spesifik pada custom jika dibandingkan dengan modifikasi. Custom kendaraan tidak hanya mengubahnya dari setelan pabrik, melainkan kendaraan tersebut bisa disetel dari awal sesuai keinginan pemilik kendaraan. Sedangkan pada modifikasi, tingkat perubahan hanya mengarah pada bagian tertentu saja agar terlihat berbeda dari versi pabrikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)