Survei: Honda Motor dan Honda Mobil Jadi Merek Paling Bersinar di 2022

Rabu, 06 April 2022 - 22:21 WIB
loading...
Survei: Honda Motor dan Honda Mobil Jadi Merek Paling Bersinar di 2022
YouGov Automotive & Mobility Rankings 2022 mengurutkan merek otomotif terbaik selama 12 bulan terakhir. Foto: dok AHM
A A A
JAKARTA - YouGov Automotive & Mobility Rankings 2022 membuat peringkat merek pabrikan otomotif terbaik selama 12 bulan terakhir. Hasilnya, jika bicara soal otomotif maka Honda motor (PT Astra Honda Motor) menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesia. Honda motor juga menjadi merek terbaik di Indonesia versi YouGov selama dua tahun berturut-turut.

Data terbaru dari YouGov ini mengidentifikasi berbagai merek di industri otomotif yang menurut penduduk Indonesia terbaik selama setahun terakhir. Honda menduduki peringkat teratas di Indonesia dengan skor Indeks 46,8 poin.

Kinerja positif merek sejalan dengan tingginya penjualan di pasar, yang–menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI)– melebihi tiga juta unit pada 2021. Angka itu hampir tiga kali lipat dari merek sepeda motor kedua yang paling banyak terjual di Indonesia.

Survei: Honda Motor dan Honda Mobil Jadi Merek Paling Bersinar di 2022

Mobil Honda (PT Honda Prospect Motor) juga bernasib baik dengan mengantongi skor 37,4 poin, hanya 0,4 poin di belakang posisi kedua dan sesama pabrikan Jepang Toyota (37,8 poin).

Bagaimana sebenarnya indikator pengukuran merek ini? YouGov BrandIndex mengukur persepsi publik terhadap ribuan merek di seluruh dunia setiap hari.

Survei: Honda Motor dan Honda Mobil Jadi Merek Paling Bersinar di 2022

Peringkat merek dikompilasi menggunakan skor Indeks, ukuran “kesehatan” merek secara keseluruhan yang dihitung dengan mengambil persepsi rata-rata Kesan, Kualitas, Nilai, Kepuasan, Rekomendasi, dan Reputasi selama periode 12 bulan.

Selanjutnya, Yamaha dan Mercedes-Benz melengkapi lima besar – seperti tahun lalu – dengan masing-masing 24,8 poin dan 24,0 poin. Pabrikan Jerman BMW mempertahankan posisi keenam dengan skor Indeks 23,3 poin, sementara Mitsubishi (18,2 poin), Daihatsu (14,2 poin) dan Nissan (11,5 poin) berada di posisi ketujuh hingga kesembilan. Suzuki pertama kali masuk sepuluh besar dengan skor 11,3 poin.

Brand yang Paling Bersinar
YouGov BrandIndex juga merilis sepuluh merek “Most Improved” atau merek-merek yang paling bersinar selama 12 bulan terakhir. Hyundai yang nyaris kehilangan peringkat sepuluh besar tahun ini, mendapatkan perbaikan skor hingga +2,6 poin.

Honda (Mobil) juga menjadi merek mereka yang paling bersinar berikutnya, dengan perubahan skor +1,8 poin, diikuti Suzuki dan Toyota, yang mengalami peningkatan masing-masing +1,3 dan +1,2 poin.

Pabrikan Korea Selatan KIA dan pabrikan China Wuling berada di urutan kelima (+1,2 poin) dan keenam (+1,1 poin). Peningkatan Wuling membawa skornya dari negatif di peringkat sebelumnya menjadi positif sebesar 0,9 poin pada tahun ini.

BACA JUGA: Honda HR-V SE Sand Khaki Pearl Jadi Bintang IIMS 2022, Ini Harga dan Speknya!

Merek yang skornya membaik berikutnya adalah Suzuki (Mobil) dengan peningkatan +1,1 poin; Honda (Sepeda Motor) dengan perubahan skor +0,8 poin; dan produsen skuter Italia Vespa Piaggio (+0,7 poin). Daihatsu melengkapi sepuluh besar dengan peningkatan skor +0,7 poin.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1839 seconds (11.252#12.26)