Smart Berubah Total, Dulu Buatan Prancis Kini Dibikin China

Sabtu, 09 April 2022 - 10:58 WIB
loading...
Smart Berubah Total, Dulu Buatan Prancis Kini Dibikin China
Smart#1lebih dijual di kawasan China. Setelah selesai proses homologasi baru dijual di Eropa. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - Mobil mikro buatan Mercedes-Benz , Smart kini berubah total dengan hadirnya model terbaru bertenaga listrik, Smart#1. Mobil itu kini tidak lagi dibuat oleh Mercedes-Benz di pabrik mereka yang ada di Prancis dan Slovenia.

Alih-alih seluruh produksi mobil itu dibuat oleh perusahaan otomotif raksasa China. Tepatnya di pabrik milik Geely yang ada di Wuhan, China.

Perubahan itu merupakan hasil dari joint venture yang dilakukan Mercedes-Benz dan Geely pada 2020. Saat itu keduanya sepakat untuk mengurus generasi baru mobil mikro Smart yang fokus pada elektrifikasi.

Saat itu mereka sepakat Mercedes-Benz bertugas untuk mendesain mobil mikro terbaru kebanggaan mereka itu. Sebaliknya Geely bertanggung jawab melakukan produksi dan juga penyematan teknologi elektrifikasi.



Smart Berubah Total, Dulu Buatan Prancis Kini Dibikin China


"Geely akan membantu Smart dengan potensi riset dan pengembangan, proses manufaktur dan pasokan rantai yang kami miliki di China dan tingkat global. Kami akan bekerja sama mengubah Smart menjadi sebuah merek yang terdepan di kategori mobil urban premium, listrik dan terkoneksi," ujar Li Shufu, pemimpin Geely Holding.

Hasilnya di tangan Geely dan Mercedes-Benz, Smart#1 memang benar-benar tidak seperti Smart yang dulu. Dari segi dimensi juga terlihat jelas mobil listrik baru itu sama sekali tidak cocok dikatakan mobil mikro.

Pasalnya dimensi Smart#1 sudah mirip SUV crossover yakni P x L x T, 4.290 mm x 1.822 mm x 1.636 mm. Wheelbase mobil itu juga sangat panjang yakni 2.750 mm. Bandingkan dengan Smart lawas yang dimensinya hanya P x L x T, 2.695 mm x 1.559 mm x 1.565 meter.

Baca juga :Smart Hybrid, Elektrifikasi Pintar yang Membumi Dari Suzuki
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)