5 Faktor yang Perlu Diperhatikan untuk Pilih Oli Mesin

Senin, 11 April 2022 - 15:30 WIB
loading...
5 Faktor yang Perlu Diperhatikan untuk Pilih Oli Mesin
Pelumas kendaraan roda dua dengan kandungan adiktif yang aman untuk mesin. foto/ IST
A A A
JAKARTA - Bila Anda memiliki kendaraan , Anda perlu mengetahui cara dan faktor yang perlu diperhatikan untuk pilih oli mesin. Ini penting, mengingat oli mesin perlu diganti rutin secara berkala demi menghindari berbagai masalah pada mesin kendaraan Anda.

Nah, sebelum Anda membeli dan mengganti oli pada kendaraan Anda, ada beberpaa hal yang perlu dipertimbangkan. Di artikel ini, kami membahas 5 faktor yang perlu diperhatikan untuk pilih oli mesin.


Apa saja sih? Berikut 5 faktor yang perlu diperhatikan untuk pilih oli mesin seperti dirangkum dari Picknbuy24, Senin (11/4/2022).

1. Seri dan pabrikan mobil

Faktor yang perlu diperhatikan di urutan pertama adalah mengetahui seri dan pabrikan mobil Anda. Dengan demikian, Anda bisa memilih jenis oli yang tepat bagi kendaraan Anda.

2. Pertimbangkan kondisi lingkungan

Lingkungan juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan untuk pilih oli mesin. Misalnya, iklim ataupun kondisi jalan. Sebab, mesin mobil Anda harus mentolerir berbagai tingkat ketegangan. Jika Anda berkendara di jalan yang tidak beraspal, Anda harus lebih sering mengganti oli mesin. Beberapa jenis oli juga ada yang sudah dirancang untuk mengurangi ketegangan pada mesin Anda.

3. Jenis oli

Kemudian ada jenis minyak. Setelah Anda mempertimbangkan merek dan model mesin mobil Anda, Anda dapat memilih jenis oli, apakah oli mineral atau sintetis. Setiap jenis memiliki serangkaian kelebihan dan kekurangannya sendiri. Misalnya, minyak sintetis membutuhkan biaya lebih banyak tetapi dapat bertahan lebih lama.

4. Tingkat kekentalan oli
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)