Fungsi CDI Motor yang Penting Buat Performa Motor

Rabu, 13 April 2022 - 15:00 WIB
loading...
Fungsi CDI Motor yang Penting Buat Performa Motor
Fungsi CDI Motor sangat penting untuk menjaga kestabilan performa mesin. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Fungsi CDI motor sangat penting dalam menjaga performa motor terutama mesin tetap optimal saat bekerja. Bagi pengendara motor, performa yang terjaga tentu akan membuat pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan.

Perlu diketahui CDI atau Capacitor Discharge Ignition motor merupakan komponen penting dalam sistem pengapian kendaraan bermotor roda dua. Bentuknya mungil dan berada di ruang mesin motor yang tidak luas.

Dilansir dari Suzuki, fungsi CDI Motor adalah menghubungkan sistem pengapian dan performa mesin. Artinya pengapian yang diciptakan dari CDI mampu membakar bahan bakar dengan baik. Pasalnya panas yang dihasilkan oleh mesin akan maksimal.

Baca juga : Ini Bus-bus Mewah yang Bikin Perjalanan Mudik Serasa Sultan

Fungsi CDI Motor yang Penting Buat Performa Motor


Panas yang dihasilkan oleh mesin membuat kinerja motor menjadi optimal. Karena dalam prosesnya, terjadi pembakaran di ruang mesin yang mengubah bahan bakar menjadienergi panas. Setelahnya energi diubah melalui proses kimia dari energi panas menjadi energi gerak buat motor.

Pengapian yang terbaik sendiri adalah yang mampu membakar bahan bakar dengan tuntas dan sempurna sehingga panas yang dihasilkan menjadi lebih maksimal. Begitu juga sebaliknya, pengapian pada kendaraan yang tidak baik akan membuat kinerja mesin kendaraan menjadi kurang maksimal.

Baca juga : Negara dengan Setir Mobil di Sebelah Kanan, Nomor 7 Baru Seumur Jagung

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi CDI motor bukan hanya untuk menyalahkan kendaraan saja, tetapi juga untuk menjaga gerak atau laju motor. Untuk mendapatkan komponen yang berkualitas, pengguna disarankan untuk memilih jenis CDI yang tepat.

Demikianlah penjelasan singakt fungsi CDI motor yang dapat diketahui. Semoga bermanfaat
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2179 seconds (11.252#12.26)