Kapan Honda SUV RS Concept Dijual di Indonesia?

Kamis, 14 April 2022 - 06:47 WIB
loading...
Kapan Honda SUV RS Concept Dijual di Indonesia?
Honda SUV RS Concept saat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Setelah tampil di beberapa ajang motor show di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai memboyong Honda SUV RS Concept ke daerah. Tepatnya, di kota Bandung, Jawa Barat.

Mobil tersebut menjadi display utama pada Honda Exhibition yang diselenggarakan oleh Honda Bandung Center di Main Atrium 23 Paskal Shopping Center Bandung, tanggal 11 hingga 17 April 2022.

Honda SUV RS Concept dikenalkan pertama kali di dunia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang diselenggarakan pada 11-21 November 2021 silam di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Setelah itu, Honda SUV RS Concept dipamerkan di sejumlah pameran automotif di berbagai kota.

Versi Resmi Muncul di GIIAS?
Honda SUV RS Concept dikembangkan sebagai kolaborasi antara Honda R&D Asia Pacific. Eksteriornya bergaya sporty, sesuai DNA Honda dalam sebuah platform mobil SUV kompak. Bodinya ramping, dengan garis tajam dan kokoh, serta grille menyatu dengan bodi.

”Saat ini segmen SUV merupakan segmen yang semakin populer di Indonesia,” ujar Iwan Tjandradinata, Director Honda Bandung Center. Menurutnya, konsumen menyukai karakter mobil yang sporty dan nyaman di berbagai kondisi jalan.

Besar kemungkinan versi produksi Honda SUV RS Concept akan dipamerkan di ajang GIIAS 2022 pada Agustus 2022 mendatang.

Di Indonesia, mobil ini akan bersaing dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, mengisi celah pasar yang relatif baru. Yakni, konsumen yang menginginkan mobil compact, mesin kecil/irit, tapi ground clearance tinggi serta tampang yang lebih sporty. Sebelumnya, mereka harus puas dengan city car saja.

Kapan Honda SUV RS Concept Dijual di Indonesia?

Honda SUV RS Concept dirancang sebagai sebuah mobil SUV kompak dengan memadukan karakter yang lebih sporty. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Dari GIIAS 2022, diprediksi produksi Honda SUV RS Concept akan dilakukan pada akhir 2022. Sementara serah terima ke konsumen pada Januari 2023.

Berapa harganya? Jika melihat segmennya, Honda SUV RS Concept mengambil segmentasi di atas Honda Brio. Jika harga Honda Brio tipe S (Rp155 juta)-RS CVT Urbanite Edition (Rp233 juta), maka harga Honda SUV RS Concept versi termurah bisa dimulai di angka Rp230an juta.

Untuk varian tertingginya, tergantung dari PT HPM akan menawarkan fitur apa untuk konsumen, juga mesin apa yang akan digunakan. Ada dua opsi mesin yang bisa dipakai. Pertama, menggunakan mesin lama 1,2 Liter (1.199 cc), 4 silinder, 89 HP/110 Nm milik Honda Brio.

Kapan Honda SUV RS Concept Dijual di Indonesia?

Atau, memakai mesin 1.500 cc serupa Honda City HB, All New BR-V, dan All New HR-V (selain tipe teratas). Seharusnya, masih ada satu opsi mesin lagi yang menarik. Yakni, mesin 1.000 turbo yang digunakan di Honda City 2022 keluaran Thailand. Mesin tersebut sangat ideal dengan bodi dan tampang Honda SUV RS Concept.

Yakni, 988 cc, 3-silinder, 122 HP dan torsi 173 Nm. Mesinnya kecil dan irit, tapi performanya sangat baik. Nah, kita lihat saja bagaimana strategi PT HPM untuk meracik Honda SUV RS Concept ke pasar Indonesia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3356 seconds (0.1#10.140)